SURVEI LSI

Unggul di Survei LSI, Elektabilitas Prabowo Alami Tren Peningkatan, Ganjar Turun

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 03 Mei 2023 | 17:37 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Nama Prabowo Subianto berada di peringkat teratas dari nama-nama Calon Presiden (Capres) lain berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang di rilis, Rabu 3 Mei 2023.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, terjadi tren penguatan terhadap persentase yang diraih Ketua Umum (Ketum) Gerindra ini, mulai dari 10,8 persen, kemudian meningkat ke 14,8 persen dan pada survei kali ini di angka 18,3 persen.

Berbeda dengan Ganjar yang mengalami penurunan tren pada hasil sebelumnya, masing-masing ada di angka 17,6 persen; kemudian ke 12,4 persen dan saat ini di angka 16,2 persen. 

"Sedangkan Anies kali ini ada di angka 13,1 persen," Djayadi dalam paparannya, secara daring, Rabu 3 Mei 2023.

LSI diketahui mengadakan simulasi pemilihan Presiden 2024. Hasilnya, dari pertanyaan top of mind kepada 1.220 responden, nama Prabowo Subianto bertengger paling atas kalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Pada survei yang dilakukan 12-17 April 2023, kami menemukan data, pilihan paling tinggi ada di Prabowo Subianto 18,3 persen, Ganjar Pranowo 16,2 persen, lalu Anies Baswedan 13,1 persen," jelasnya.

Sementara itu, raihan persentase ketiga Capres tersebut terus dinamis bila berkaca pada hasil survei yang dilakukan dua bulan sebelumnya.

"Jadi angka yang diperoleh hari ini masih dinamis (bisa terus bergerak)," tandasnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,9 persen. Sampel adalah mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.sinpo

Komentar: