perang saudara di sudan

PBB: Ada Kemungkinan Ratusan Ribu Orang akan Melarikan Diri dari Sudan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Mei 2023 | 09:50 WIB
Ilustrasi. Bentrokan masih terjadi di Sudan hingga hari ini. (SinPo.id/Reuters)
Ilustrasi. Bentrokan masih terjadi di Sudan hingga hari ini. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (BB), UNHCR, menyebut bahwa ada kemungkinan lebih dari 800 ribu orang dapat melarikan diri dari Sudan, akibat bentrokan yang hingga kini masih terjadi. Termasuk di antaranya warga negara Sudan dan ribuan pengungsi yang tinggal sementara di negara tersebut.

“Dalam konsultasi dengan semua pemerintah dan mitra terkait, kami telah mencapai angka perkiraan 815.000 orang yang mungkin melarikan diri ke tujuh negara tetangga,” kata asisten komisaris tinggi UNHCR untuk pengungsi, Raouf Mazou, dilansir dari Al Jazeera, Selasa 2 Mei 2023.

Dari jumlah angka tersebut, ia memperkirakan sekitar 580 ribu orang yang akan melarikan diri merupakan warga negara Sudan, sementara sisanya adalah pengungsi yang selama ini telah menetap di negara itu.

“Kami berharap itu tidak terjadi, tetapi jika kekerasan tidak berhenti, kami akan melihat lebih banyak orang terpaksa melarikan diri dari Sudan untuk mencari keselamatan,” kata Kepala UNHCR, Filippo Grandi, yang menyebut angka perencanaan itu bersifat indikatif.

Karena seperti yang diketahui, situasi bencana kemanusiaan telah berlangsung sejak pertempuran meletus pada 15 April. Ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka dalam bentrokan antara panglima militer Sudan Abdel Fattah al-Burhan dan Mohamed Hamdan Daglo, yang memimpin Rapid Support Forces (RSF) paramiliter.

Sementara jutaan orang Sudan, yang tidak memiliki uang lebih untuk mengungsi dan menghindari bentrokan, telah berlindung di rumah mereka dengan makanan dan air yang semakin menipis, serta pemadaman listrik yang sering terjadi.sinpo

Komentar: