Anggota Komisi IX DPR: Aksi May Day Rawan Ditunggangi Kepentingan Politik

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 Mei 2023 | 07:18 WIB
Ilustrasi Demo Buruh/net
Ilustrasi Demo Buruh/net

SinPo.id -  Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan peringatan Hari Buruh atau May Day pada 1 Mei adalah hak demokrasi kaum pekerja untuk menyampaikan aspirasi dan keluh kesah kepada pemerintah. Dia mempersilakan hal tersebut namun dengan catatan, aksi buruh besok mesti berjalan secara tertib. 

“Kita sering mendengar para teman-teman pengurus konfederasi (buruh) memperjuangkan isu-isu kekinian, saya kira suatu hal yang masuk akal dan enggak masalah sehingga ketika isu apapun isu yang menyangkul soal pekerja ya ketika mereka menyuarakan dan memperjuangkannya sesuai dengan keinginan mereka,” kata Rahmad pada Minggu 30 April 2023.

Rahmad mengingatkan agar peserta aksi hari buruh besok untuk mewaspadai kemungkinan bakal ditunggangi secara politik oleh pihak tertentu. Terlebih kini jelang Pemilu 2024 yang rawan dengan kepentingan politis demi mendapat kekuasaan dan menarik simpati rakyat.

“Mudah-mudahan besok berjalan dengan tertib, menjelang Pemilu ya semua bisa potensi untuk menunggangi itu pasti ada. Sehingga, jangan sampai ada para pihak yang mengotori (agenda) para buruh. Sehingga, buruh juga harus mewaspadai secara saksama,” ucap Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

Sebelumnya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menargetkan 100 ribu buruh berdemonstrasi di Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada peringatan Hari Buruh, Senin, 1 Mei 2023 . Aksi serupa juga akan digelar di kantor-kantor pemerintahan di daerahsinpo

Komentar: