LEBARAN 2023

Konsumsi Pertalite dan Pertamax Alami Kenaikan di Periode Libur Lebaran 2023

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 Mei 2023 | 00:42 WIB
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina

SinPo.id -  Selama periode arus mudik-balik Lebaran 2023, pemakaian BBM Pertamina jenis Pertalite dan Pertamax alami kenaikan. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat peningkatan sekitar 13 persen untuk RON 90 atau Pertalite. Sedangkan RON 92 atau Pertamax naik 11 persen.

"Hingga akhir masa arus balik Pemerintah memastikan ketersediaan BBM aman” ujar Kepala BPH Migas, Erika Retnowati lewat siaran persnya, Minggu 30 April 2023. 

BPH Migas memastikan ketersediaan BBM aman, karena Badan Usaha sudah melakukan build up (penambahan) stok di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), khususnya jalur utama arus balik. 

Sebagaimana diperkirakan sebelumnya, periode libur lebaran tahun ini lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, Pemerintah terus melakukan pemantauan secara intensif terkait ketersediaan BBM di berbagai wilayah.

Lebih lanjut Erika menjelaskan, jika dilihat dari pendistribusian, wilayah Jawa Tengah, merupakan wilayah yang paling banyak dilewati pemudik, khususnya Semarang dan sekitarnya. Terpantau permintaan BBM meningkat hingga 70% - 100%, bahkan pada beberapa SPBU di sepanjang jalan tol permintaan bisa mencapai 250% -300% jika dibandingkan kondisi normal.

"Pemudik akan mengisi BBM sebelum melakukan perjalanan menuju kota asal. Jadi kita akan fokus di sana (wilayah Jawa Tengah), terutama sepanjang rest area ruas tol. Di saat bersamaan, pengawasan penyalurannya juga terus dilakukan oleh seluruh Komite BPH Migas, Eselon II dan jajaran," terangnya.

Demikian juga dengan penyaluran avtur, gas bumi dan LPG nasional, semua terpantau dalam kondisi aman. Untuk kelistrikan, sistem nasional juga dalam kondisi normal. Di mana Daya mampu pasok nasional berada di atas beban puncak. Terkait kebencanaan geologi, pasca kejadian gempa bumi magnitudo 6 di Barat Laut Kepulauan Aru, Maluku, Jumat kemarin, sarana dan fasilitas fuel terminal serta penyaluran BBM di SPBU juga dalam kondisi normal.

"Berdasarkan laporan, sarana dan fasilitas Fuel Terminal Dobo maupun Fuel Terminal Tual, Kepulauan Aru, dalam kondisi aman. Tidak terdapat kerusakan akibat gempa. Demikian juga dengan operasional lembaga penyalur BBM, berjalan normal, tidak ada kerusakan," pungkas Erika.sinpo

Komentar: