Puncak Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi Terjadi Hari Ini

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 29 April 2023 | 10:25 WIB
Ilustrasi/Getty images
Ilustrasi/Getty images

SinPo.id -  Angkasa Pura II memprediksi gelombang ke-2 puncak arus balik Lebaran 2023 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, terjadi hari ini. Pergerakan penumpang diperkirakan meningkat dibandingkan arus balik gelombang pertama.

"Untuk pergerakan penumpang, kemungkinan akan lebih banyak dari arus balik gelombang pertama kemarin," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 28 April 2023.

Dwi menerangkan pergerakan penumpang pada arus balik gelombang pertama di Bandara Soetta mencapai angka 160 ribu orang. Sementara itu, untuk pergerakan pesawat pada gelombang pertama yang terjadi beberapa hari lalu sebanyak 1.055 penerbangan.

Jumlah pergerakan penumpang dan pesawat pada arus balik mudik Lebaran 2023 dinilai mengalami peningkatan dibanding dengan lebaran sebelumnya.

"Pergerakan penumpang kami perkirakan masih berada di kisaran angka 160-170 ribu pada arus balik Lebaran 2023 gelombang ke dua nanti. Kalau dibanding tahun lalu kenaikan diperkirakan sampai 25-30 persen, tapi kita lihat nanti realisasinya bagaimana," kata dia.

Menurut Dwi, pihaknya telah menyiagakan sebanyak 6.500 petugas untuk menghadapi terjadinya peningkatan penumpang pada gelombang ke dua arus balik tersebut.

Ribuan petugas tersebut dikerahkan untuk mengantisipasi arus balik demi dapat memberi pelayanan maksimal terhadap penumpang.

Sebab, pihaknya memfokuskan area pengambilan bagasi agar tidak terjadi penumpukan penumpang.

"Fokus kami alihkan ke fasilitas pengambilan bagasi penumpang, kemudian pelayanan antar moda transportasi darat," tuturnya.

"Untuk area pengambilan bagasi agar dapat mempercepat penguraian penumpang, kami bekerjasama dengan groundheandling," kata Dwi.

sinpo

Komentar: