Hasil survei Poltracking Indonesia

Survei: Prabowo Subianto Menteri Paling Diapresiasi Publik

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 29 April 2023 | 05:54 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Ashar/SinPo.id)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Hasil survei Poltracking Indonesia menyatakan bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto merupakan menteri yang mendapat tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, yakni sekitar 64,8 persen.

Hasil itu diperoleh dari survei Poltracking Indonesia pada 9 hingga 15 April 2023 dengan melibatkan 1.220 responden terpilih pada bulan Februari hingga April 2023 untuk diwawancara tatap muka langsung. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error + 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Dari semua menteri kami tanyakan kinerja-nya, tentu ada berbagai macam catatan bahwa keterbatasan pemilih juga untuk menilai beberapa, tapi ini persepsi yang paling diapresiasi adalah Pak Prabowo Subianto Menteri Pertahanan," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda di Jakarta pada Jumat, 28 April 2023.

Di peringkat dua, ditempati Menteri BUMN Erick Thohir sekitar 64,3 persen dengan rincian 7,8 persen sangat puas dan 56,5 persen cukup puas. Lalu, posisi ketiga disusul Menparekraf Sandiaga Uno dengan 63,4 persen.

"Keempat, Pak Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Kemudian ibu Tri Rismaharini Menteri sosial, Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Menteri Agama Yaqut Cholil, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kira-kira itu namanya, tapi selisih-nya tidak terlalu jauh dengan yang lain-lainnya," tuturnya.

Menurut dia, tingkat kepuasan publik terhadap Prabowo, Erick hingga Sandiaga selaras dengan tren peningkatan kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin pada periode April 2023 yang mencapai 74,7 persen.

"Tingkat kepuasan publik Indonesia terhadap kinerja pemerintah Joko Widodo dengan Ma'ruf Amin ini juga cukup tinggi terpaut sedikit di bawah kepuasan. Angkanya 74,7 persen," tambah Hanta.

Apabila dibandingkan dengan survei sebelumnya, kata dia, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah mengalami kenaikan. Pasalnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah pada bulan Februari 2023 mencapai 71,7 persen dan 71,8 persen pada bulan Maret 2023.

"Jadi, memang beberapa lembaga ada yang sampai 76 persen, bahkan 78 persen kalau tidak salah. Akan tetapi, kisaran-nya rata-rata di atas 70 persen," ujarnya.

Adapun beberapa alasan yang membuat masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintah, seperti bantuan pemerintah yang tepat sasaran, pembangunan atau infrastruktur merata, harga kebutuhan pokok stabil, hingga jaminan layanan kesehatan.sinpo

Komentar: