MUDIK LEBARAN 2023

Kemenhub Antisipasi Lonjakan Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Merak

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 28 April 2023 | 19:00 WIB
Pelabuhan Merak/wikipedia
Pelabuhan Merak/wikipedia

SinPo.id -  Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan arus balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak pada Minggu, 30 April 2023 dan Senin, 1 Mei 2023. Sebanyak 50 persen kendaraan dari Sumatera belum kembali ke Jawa melalui jasa angkutan penyeberangan.

"Walaupun hari ini pergerakan arus balik dari Bakauheni ke Merak cukup landai, tetapi harus diingat bahwa ada masyarakat yang mudiknya masih lama dan baru akan pulang akhir pekan ini," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 28 April 2023.

Pada Jumat ini, Budi Karya bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi memantau situasi pergerakan arus balik angkutan penyeberangan rute Merak-Bakauheni dari udara melalui helikopter. Dari pantauan udara, situasi arus balik di Bakauheni ataupun di Merak masih terpantau lancar.

"Untuk itu, kita harus layani dengan baik dan saya minta Dirut ASDP untuk menjaga ini. Mudah-mudahan tidak terjadi suatu lonjakan yang besar. Kalaupun itu terjadi, kita sudah siap mengantisipasinya," kata dia.

Budi memaparkan langkah antisipasi untuk mengantisipasi lonjakan arus balik di Bakauheni hingga akhir pekan, salah satunya melakukan pengaturan arus kendaraan. Jika Pelabuhan Bakauheni sudah padat, kendaraan akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang dan sebaliknya.

"Kapasitas Bakauheni sangat baik, mampu menampung 39 ribu kendaraan, sehingga akan tertangani dengan baik jika ada lonjakan kendaraan," kata Budi.

Selain itu, kata Budi, ada sejumlah hal positif dalam penyelenggaraan arus mudik dan balik lebaran tahun ini, baik di Merak-Bakauheni maupun di tempat lain. Di antaranya pemudik yang kooperatif untuk membeli tiket secara daring jauh-jauh hari serta jumlah pengguna sepeda motor yang menurun.

"Kita lihat juga kecelakaan lalin menurun, dan di Tol Trans Jawa kecepatan meningkat, serta waktu tempuh menjadi lebih cepat. Ini adalah suatu indikator yang baik. Saya mengapresiasi pihak yang telah membantu, termasuk rekan media yang ikut mensosialisasikan pembelian tiket secara daring, sehingga penggunaannya sudah mencapai 90 persen lebih," kata dia.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat, jumlah penumpang dan kendaraan yang telah menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra pada arus mudik mulai H-10 hingga H lebaran, yaitu penumpang 920.054 orang dan kendaraan 213.737 unit. Sedangkan yang telah menyeberang dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa pada arus balik mulai H2 hingga H+4 pagi ini, yaitu penumpang 463.847 orang dan kendaraan 104.046 unit.
sinpo

Komentar: