PEMILU 2024

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo Subianto Kangkangi Ganjar dan Anies

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 28 April 2023 | 16:34 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: SinPo.id/Ashar
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: SinPo.id/Ashar

SinPo.id -  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi teratas sebagai calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. Ini berdasarkan survei Poltracking Indonesia yang dilakukan pada 9-15 April 2023.

Prabowo menempati posisi pertama dengan perolehan elektabilitas 28,8 persen. Lalu, urutan kedua Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 27,5 persen. Disusul Anies Baswedan
menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 19,3 persen.

"Prabowo dan Ganjar terpaut tipis di margin eror. Tapi relatif pak Prabowo di atas Ganjar," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam konferensi persnya, Jumat 28 April 2023. 

Ini berdasarkan survei dengan simulasi 20 nama. Setelah Prabowo, Ganjar, dan Anies lalu diurutan keempat Ridwan Kamil (3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (2,8 persen), hingga Erick Thohir (2,3 persen).

Hanta menjelaskan Prabowo juga masih unggul ketimbang Ganjar dan Anies dalam simulasi 10 nama dan tiga nama kandidat capres. Dia menilai sulit muncul nama capres lain karena elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies unggul jauh ketimbang kandidat lainnya.

"Nama lainnya di bawah lima persen. Ini konfirmasi peta elektoral Pilpres jadi sulit muncul nama di luar nama ini. Ini mungkin bisa jadi pertimbangan Golkar, karena pusaran elektabilitas jadi poin penting capres," kata dia.

Hanta mengungkapkan elektabilitas Prabowo mengalami kenaikan signifikan pada April ketimbang bulan-bulan sebelumnya. Sementara Anies stabil dari bulan-bulan sebelumnya. Sementara elektabilitas Ganjar masih mengalami fluktuasi dan di pada April mengalami penurunan.

Dia menambahkan elektabilitas Ganjar sempat menurun karena dinamika batalnya Piala Dunia U-20. "Tapi jangan lupa Ganjar baru di deklarasikan, ada potensi Ganjar sekarang bisa naik," tambahnya.

Untuk diketahui, responden survei Poltracking Indonesia merupakan warga Indonesia berusia 17 tahun ke atas. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka langsung dengan responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Dengan teknik ini, sampel diambil sebanyak 1.220 responden. Margin of error survei di kisaran ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Komentar: