TALIBAN TEWASKAN PEMIMPIN ISIS

Taliban Tewaskan Pimpinan ISIS Otak Serangan di Bandara Kabul

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 26 April 2023 | 22:54 WIB
Tentara Taliban (SinPo.id/ AFP)
Tentara Taliban (SinPo.id/ AFP)

SinPo.id - Taliban telah membunuh seorang pemimpin ISIS yang diyakini sebagai otak serangan bom bunuh diri Agustus 2021 di luar bandara Kabul. Dalam insiden tersebut, 13 tentara AS dan lebih dari 170 warga sipil Afghanistan tewas.

"Kelompok Teroris ISIS yang menjadi dalang serangan mengerikan di Gerbang Abbey yang menewaskan 13 anggota militer Amerika yang pemberani dan banyak lainnya telah disingkirkan dari medan perang," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby dikutip dari Anadolu, Rabu, 26 April 2023.

"Dia terbunuh dalam operasi Taliban, yang merupakan satu lagi dari serangkaian kerugian karena kehilangn pemimpin mereka tahun ini. Dia adalah pejabat kunci ISIS yang terlibat langsung dalam merencanakan operasi seperti di Gerbang Abbey dan sekarang tidak lagi mampu merencanakan atau melakukan serangan," sambungnya.

Kirby tidak merinci tentang operasi itu atau nama pemimpin ISIS tersebut. Di sisi lain, AS mengapresiasi sikap Taliban yang melakukan operasi pemberantasan teroris.

"Jelas kepada Taliban bahwa itu adalah tanggung jawab mereka untuk memastikan bahwa mereka tidak memberikan tempat yang aman bagi teroris, baik al-Qaeda atau ISIS," katanya.

Pejabat AS lainnya yang dikutip oleh beberapa media AS mengatakan AS tidak berkoordinasi langsung dengan Taliban dalam pembunuhan pemimpin ISIS-K.

Pemerintahan Biden sendiri dikecam atas penarikan pasukan AS dari Afghanistan dan kekacauan di bandara Kabul pada Agustus 2021. Pada bulan Januari, Partai Republik di Komite Urusan Luar Negeri DPR meminta dokumen terkait penarikan dari Departemen Luar Negeri untuk memulai penyelidikan atas langkah kontroversial tersebut.

Awal bulan ini, pemerintahan Biden merilis laporan setelah tindakan penarikan pasukan AS yang menyalahkan pemerintahan mantan Presiden Donald Trump atas kurangnya perencanaan.sinpo

Komentar: