CUACA EKSTREM

Panas Ekstrem Landa Indonesia, Begini Penjelasan BMKG

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 24 April 2023 | 22:58 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi cuaca ekstrem (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Plt Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dodo Gunawan menyampaikan, salah satu penyebab Indonesia mengalami suhu panas dalam beberapa hari terakhir, karena dinamika atmosfer yang tidak biasa turut berperan. Bukan hanya di Indonesia, suhu panas ekstrem juga melanda negara-negara Asia sepekan terakhir.

"Indonesia tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan tergolong panas," ujar Dodo dalam keterangannya, Senin, 24 April 2023.

Kata Dodo, setidaknya ada lima penyebab suhu panas  di Indonesia, yakni dinamika atmosfer yang tidak biasa dan suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu Matahari. Ia menyebut lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah.

Selain itu, lanjut Dodo, tren pemanasan global dan perubahan iklim, gelombang panas heat wave semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. Kemudian ada dominasi monsun Australia, saat Indonesia memasuki musim kemarau.

Intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan juga menyebabkan suhu panas. Dodo mengatakan BMKG mencatat wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, menjadi daerah di Indonesia dengan suhu maksimum harian tertinggi pada 17 April 2023, yakni sebesar 37,2 derajat Celsius.

Pada dasarian II April 2023 atau periode 11-20 April, suhu panas di atas 36 derajat Celsius melanda beberapa unit kerja BMKG, seperti di wilayah Stasiun Meteorologi Pangsuma 36,6 derajat Celsius, Nangapinoh 36,5 derajat Celsius, BMKG Wilayah I 36,5 derajat Celsius, dan Stasiun Meteorologi Tabelian 36,3 derajat Celsius. Kemudian di Stasiun Meteorologi Tarempa 36,2 derajat Celsius, Stasiun Geofisika Deli Serdang 36,2 derajat Celsius, BMKG Wilayah II 36,2 derajat Celsius, dan Stasiun Klimatologi Banten 36 derajat Celsius

"Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh, menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51 derajat celcius. Itu terjadi pada 17 April 2023. Kota terpanas di Asia lainnya terjadi sebagian besarnya di Myanmar dan India," katanya.sinpo

Komentar: