mudik lebaran 2023

Jumlah Kendaraan di Tol Jakarta-Semarang Naik 20 Persen saat Mudik Lebaran 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 21 April 2023 | 01:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Ashar/SinPo.id)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang yakni sebesar 20 persen dari arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

Namun begitu, menurutnya, peningkatan jumlah kendaraan itu malah menaikkan kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 2 kilometer (km) per jam.

“Alhamdulillah sekalipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun 2022 lalu yaitu dari 69 km per jam menjadi 71 km per jam," kata Budi seperti dikutip pada Kamis, 20 April 2023.

Menurutnya, lonjakan arus mudik di jalan tol masih akan menjadi tantangan pada Jumat, 21 April 2023. Dia bilang diperlukan kekompakan antarlembaga dalam menghadapinya.

Ia juga mengapresiasi kinerja Kementerian PUPR, Korlantas, Jasa Marga, dan pihak terkait lainnya yang telah melakukan persiapan mudik dengan baik, untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan.

Beberapa upaya antisipasi yang dilakukan diantaranya menambah infrastruktur jalan tol yang semula hanya 6 lajur menjadi delapan lajur sampai dengan Km 70, serta menambah sistem penghitungan baik dari SDM maupun fasilitas pendukungnya.

Kemudian, menambah fasilitas dan kapasitas di rest area, seperti yang dilakukan oleh Astra sebagai pengelola Tol Cipali yang menambah fasilitas toilet dari 150 menjadi 300 unit dan kapasitas parkir dari 300 kendaraan menjadi 1.000 kendaraan.

“Ini menjadi pelajaran yang baik bahwa kita harus terus meningkatkan prasarana jalan dan meningkatkan kecanggihan sistem penghitungan. Insha Allah pelaksanaan arus mudik dan balik Tahun depan akan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menhub juga mengimbau agar masyarakat tidak untuk tidak pulang di hari Senin dan Selasa depan yaitu 24 dan 25 April 2023, karena diprediksi akan menjadi puncak pergerakan arus balik. 

Namun pihak jasa marga telah menjanjikan adanya diskon 20 persen, bagi pemudik yang balik di hari Kamis dan Jumat, yakni tanggal 27 dan 28 April 2023.sinpo

Komentar: