mudik lebaran 2023

Mudik Lebaran 2023 Naik Kereta Api? Simak Aturan Volume Maksimal Barang Bawaan Ini

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 19 April 2023 | 16:57 WIB
Calon penumpang kereta api memadati Stasiun Pasar Senen pada Senin, 17 April 2023. (SinPo.id/Ashar)
Calon penumpang kereta api memadati Stasiun Pasar Senen pada Senin, 17 April 2023. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, memaparkan sejumlah informasi dan imbauan penting terkait volume maksimal barang bawaan bagi calon pemudik jelang Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 yang akan menggunakan jasa kereta api.

Pertama, para calon penumpang diimbau untuk tidak terlalu banyak membawa barang bawaan. Karena maksimal volume bawaan adalah 20 kilogram (kg), dengan dimensi maksimal 70 cmx48 cmx30 cm, atau 100 dm kubik.

"Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3, diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra," kata Eva, Rabu 19 April 2023.

Adapun biaya tambahan untuk bagasi, yakni Rp 10 ribu per kilogram untuk kelas eksekutif, Rp 6 ribu per kilogram untuk kelas bisnis dan Rp 2 ribu per kilogram untuk kelas ekonomi.

"Selain itu pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi kereta api, seperti barang-barang yang mudah terbakar, Senjata api atau senjata tajam, Narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lainnya, barang yang berbau menyengat, serta hewan peliharaan," paparnya.

Lebih lanjut, kata Eva, pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal satu jam sebelum keberangkatan KA, agar tidak terlambat dan tertinggal oleh kereta.sinpo

Komentar: