mudik lebaran 2023

H-5 Lebaran 2023, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Masih Lenggang

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 17 April 2023 | 15:28 WIB
Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek. (Khaerul Anam/SinPo.id)
Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek. (Khaerul Anam/SinPo.id)

SinPo.id - Arus lalu lintas di ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada H-5 mudik Lebaran 2023, Senin 17 April 2023 siang terpantau lancar.

Berdasarkan pantauan Sinpo.id di ruas tol KM 57 kendaraan yang melintas masih terlihat lengang. Kendaraan yang lewat masih didominasi truk besar dan beberapa bus.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengakui arus kendaraan di ruas tol Japek pada H-5 Lebaran masih lancar dan terkendali.

Kendati begitu, lanjut Widhanto terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol Japek dari hari-hari sebelumnya

"Pada tanggal 17 April ini sekitar pukul 14.00 ini kami melihat pantauan arus didalam jalan tol sementara masih lancar terkendali, memang terjadi peningkatan di hari-hari sebelumnya mencapai 4.100 sekian," ujar Wirdhanto saat ditemui di rest area KM 57, Senin 17 April 2023.

Seperti diketahui, musim Lebaran 2023 telah dimulai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak agar berhati-hati untuk menangani arus mudik yang diperkirakan mengalami lonjakan.

Mengantisipasi ini, sejumlah manajemen dan rekayasa lalu lintas diambil oleh pemerintah, utamanya di jalur darat termasuk tol Trans Jawa. Di sisi lain, program mudik gratis, angkutan motor gratis (motis), hingga pembatasan operasional angkutan barang pun telah dirancang pemerintah.

Rekayasa lalu lintas dilakukan berupa jalur satu arah (one way), menambah ruas melawan arus (contraflow), hingga mekanisme ganjil genap.

Selain itu, sejumlah jalur tol fungsional akan dibuka saat antrean kendaraan mengular panjang dan semakin padat. Dilakukan DMS (dynamic massage system) untuk memperkirakan rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di jalan tol.sinpo

Komentar: