BENCANA ALAM

Cegah Jatuhnya Korban, DPR Minta BNPB Menambah Sistem Peringatan Dini Bencana

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 13 April 2023 | 04:57 WIB
BMKG keluarkan peringatan dini potensi bencana alam/Net
BMKG keluarkan peringatan dini potensi bencana alam/Net

SinPo.id -  Anggota Komisi VIII DPR RI Matindas Rumambi meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah sistem peringatan dini bencana di seluruh Indonesia. Menurut dia, sistem tersebut sangat krusial terhadap keselamatan masyarakat. 

“Sistem peringatan bencana itu sudah menyeluruh atau hanya di daerah tertentu saja? Seperti contohnya Sumatera Selatan apakah disana sistemnya sudah baik seperti pada daerah lain,” Kata Politisi PDI-Perjuangan ini, saat Rapat Kerja dengan Kepala BNPB di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 12 April 2023. 

Dia menilai sistem peringatan dini menjadi bagian penting dari mekanisme kesiapsiagaan masyarakat, karena peringatan dapat menjadi faktor kunci penting yang menghubungkan antara tahap kesiapsiagaan dan tanggap darurat.
Kesigapan dan kecepatan reaksi masyarakat diperlukan karena waktu yang sempit dari saat dikeluarkannya informasi dengan saat dugaan datangnya bencana. 

Kondisi kritis, waktu sempit, bencana besar dan penyelamatan penduduk merupakan faktor-faktor yang membutuhkan peringatan dini. Semakin dini informasi yang disampaikan, semakin longgar waktu bagi penduduk untuk meresponnya.
 
“Seperti gempa di Cianjur jangan sampai hal itu terulang kembali, sebab jika sistem peringatan bencana muncul lebih dulu warga bisa lebih dulu dievakuasi sehingga korban berjatuhan tidak begitu banyak,” pungkasnya.sinpo

Komentar: