LEBARAN 2023

Jelang Lebaran 2023, BI Sediakan 5.000an Titik Penukaran Uang

Laporan: Sinpo
Senin, 10 April 2023 | 00:25 WIB
Ilustrasi uang (Pixabay)
Ilustrasi uang (Pixabay)

SinPo.id -  Bank Indonesia memperbanyak gerai layanan penukaran uang. Upaya itu dilakukan untuk menyikapi fenomena maraknya penukaran uang pecahan kecil menjelang Idul Fitri 1444 H. 

"Makanya kita tahun ini perbanyak naik 8 persen 5.000an titik. Bank semua turun semua," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim di GBK, Minggu 9 April 2023. 

Bank Indonesia juga sudah menugaskan perbankan nasional untuk bisa memperbanyak titik layanan penukaran uang ini. Menurut dia, Bank Indonesia tidak bisa melarang penjaja penukaran yang di jalan itu. 

"Kita head to head dimana ada mereka kita buka cash keliling kita," kata dia.

Bank Indonesia mengimbau masyarakat untuk bisa melakukan penukaran uang di perbankan resmi. Dengan melakukan penukaran di perbankan nasional maupun di gerai layanan penukaran uang BI masyarakat tak dipungut biaya. 

"Pasti. Pasti jumlahnya dan pasti jaminan keamanannya, uang asli. Kami imbau masyarakat untuk melakukan penukaran di bank," ujarnya

Penjaja penukaran uang di pinggir jalan marak karena memang masyarakat juga membutuhkan waktu yang cepat dan praktis. Hanya saja, tak jarang ditemukan penukaran uang terdapat mata uang palsu maupun nilainya yang berkurang.

"Kita tidak pungkiri fenomena itu. Kenapa kok ada penjaja? Kan pengen mudah dan cepat," tambahnyasinpo

Komentar: