Polemik Piala Dunia U-20: Elektabiltas Ganjar Merosot, Prabowo Melejit

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 09 April 2023 | 23:48 WIB
Prabowo Subianto bersama para Ketum Parpol dan Presiden Joko Widodo/SinPo.id/Tim Media
Prabowo Subianto bersama para Ketum Parpol dan Presiden Joko Widodo/SinPo.id/Tim Media

SinPo.id -  Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei mereka yang digelar pada 31 Maret - 4 April 2023. Dalam survei tersebut, Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo anjlok hingga 8,1 persen pasca penolakan kedatangan Timnas Israel yang mengakibatkan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Ganjar mengalami penurunan selama dua bulan terakhir, turun 8,1 persen dari 35 ke 26,9 persen," ujar Direktur LSI Djayadi Hanan dalam paparannya, Ahad, 9 April 2023.

Merosotnya elektabilitas Ganjar memberi angin segar ke 2 nama pesaingnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Djayadi menyebut elektabilitas keduanya  cenderung menguat jika dibandingkan survei setahun terakhir.

Untuk Prabowo mengalami kenaikan hingga 3,6 persen dan Anies mengalami kenaikan sedikit sebesar 1,3 persen.

"Itu berarti jika kita berpikir secara sederhana, hilangnya 8,1 persen suara Ganjar terpecah menjadi undecided lalu ke Prabowo dan sedikit ke Anies. Itu dugaan sederhananya," kata Djayadi. 

Survei yang digelar oleh LSI ini menargetkan WNI berusia 17 tahun ke atas dan memiliki nomor telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Dengan teknik ini, sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. 

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.sinpo

Komentar: