GERHANA MATAHARI

Masyarakat Amerika Bersiap untuk Menyaksikan Gerhana Matahari

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 09 April 2023 | 11:57 WIB
Gerhana matahari (SinPo.id/ NASA)
Gerhana matahari (SinPo.id/ NASA)

SinPo.id - Seluruh masyarakat di hampir setiap kota di Amerika Serikat, akan bersiap untuk menyaksikan peristiwa gerhana matahari yang melengkung melalui Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada pada 8 April 2024.

Peristiwa langka dimana bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, kemudian secara perlahan akan sepenuhnya menutupi sinar matahari itu, tidak akan terulang selama 21 tahun lagi.

Dilansir dari Fox News, gerhana matahari yang muncul pada April 2024 tersebut akan menjadi yang terakhir dari di Amerika Utara hingga 2045 mrndatang. Kota-kota di sepanjang rute yang akan mengalami gerhana matahari total bahkan sudah menyiapkan perayaan dan pesta tontonan.

Di Del Rio, Texas, sebuah festival akan dipersiapkan untuk menyambut gerhana bulan, yang biasa disebut "Solar Eclipse Fest". Festival tersebut akan dimulai pada 5 April dan berakhir pada 9 April. Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio, juga sedang merencanakan acara tailgate besar-besaran untuk merayakan acara tersebut.

Meski demikian, masyarat diimbau untuk tidak melihat matahari langsung dengan mata telanjang, tanpa filter surya yang aman. Sehingga diperlukan kacamata khusus untuk melihat gerhana.sinpo

Komentar: