BMKG Keluarkan Status Siaga untuk Kabupaten/Kota di NTT, Hujan Lebat 9-11 April 2023

Laporan: Martahan Sohuturon
Minggu, 09 April 2023 | 04:31 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (SinPo.id/PPID KLHK)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (SinPo.id/PPID KLHK)

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) mengeluarkan status siaga untuk sejumlah kabupaten/kota Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diprakirakan akan mengalami hujan lebat pada 9 sampai 11 April 2023.

"Untuk NTT tanggal 9 hingga 11 April, siaga untuk Kabupaten Manggarai Barat, Kupang, Kota Kupang, Sumba Barat Daya, Sikka, dan Ende," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konpers bertajuk "Antisipasi Dampak Peningkatan Intensitas Bibit Siklon 98S dan 90W di Indonesia", di Jakarta pada Sabtu, 8 April 2023.

Sementara sejumlah kabupaten diminta untuk waspada, yakni Timor Tengah Selatan, Manggarai Timur, Manggarai, Sumba Timur, Nagekeo, Lembata, Alor, Rote Ndao, Malaka, Ngada, Sumba Barat, Timor Tengah Utara, Belu, Sumba Tengah, dan Flores Timur.

Hujan lebat di wilayah NTT diprakirakan bisa berdampak seperti longsor, erosi tanah, guguran bebatuan, banjir, dan sungai meluap.

"Jadi harus mewaspadai hal tersebut," kata Dwikorita.

Dia juga mengatakan bahwa Bali juga diminta untuk siaga dan waspada bagi sejumlah kabupaten per 10 hingga 11 April 2023.

Level siaga untuk Tabanan, Badung, dan Kota Denpasar. Sementara level waspada untuk Gianyar, Bangli, Buleleng, dan Jembrana.

Dwikorita menuturkan dampaknya dapat terjadi banjir bandang, longsor, angin kencang, gelombang tinggi, dan arus kuat di wilayah-wilayah berstatus siaga dan waspada tersebut.sinpo

Komentar: