OTT BUPATI KEPULAUAN MERANTI

Kronologi OTT Bupati Meranti M Adil di Rumah Dinas

Laporan: Sinpo
Sabtu, 08 April 2023 | 05:25 WIB
OTT Bupati Kepulauan Meranti
OTT Bupati Kepulauan Meranti

SinPo.id -  Upaya operasi tangkap tangan kepada Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil (MA) dilakukan setelah KPK menerima laporan dari masyarakat. MA diduga melakukan korupsi di Kepulauan Meranti.

"Tim KPK mendapatkan informasi adanya perintah MA untuk mengambil uang setoran dari pada Kepala SKPD melalui RP selaku ajudan Bupati," kata Alexander dalam konferensi pers di gedung KPK, Jumat 7 Apri; 2023.

Setelah menerima informasi itu pada Kamis 6 April 2023 sekitar pukul 21.00 WIB, KPK mengamankan Fitria Nengsih (FN) yang merupakan Kepala BPKAD Pemkab Meranti, dan Tarmizi (TM) selaku Kepala Bagian Umum. Dua orang itu pun diperiksa oleh KPK di Polres Meranti.

Dari hasil permintaan keterangan FN dan TM, diperoleh informasi adanya penyerahan uang untuk keperluan MA yang telah berlangsung lama hingga mencapai puluhan miliar

Selanjutnya, KPK berkoordinasi dengan Polres Meranti dan mengamankan M Adil selaku Bupati Meranti. "Saat itu ada di dalam rumah dinas," kata dia.

KPK menangkap sejumlah pihak yang diduga mengetahui kasus dugaan korupsi tersebut. Turut diamankan dan dilakukan permintaan keterangan pada beberapa Kepala SKPD dan seluruhnya menerangkan telah menyerahkan uang pada MA melalui FN.
Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengakui telah menyetor uang kepada Adil.

KPK pun menemukan sejumlah uang dalam operasi tangkap tangan. Uang tersebut didapat KPK di Kota Pekanbaru.

"Di wilayah Pekanbaru, Tim mengamankan MFA dan ditemukan uang tunai Rp 1 Miliar yang adalah total uang yang diberikan MA untuk pengondisian pemeriksaan keuangan Pemkad Kepulauan Meranti. Adapun uang yang ditemukan dan diamankan dalam kegiatan tangkap tangan sebagai bukti permulaan sejumlah sekitar Rp 1,7 miliar," tambahnya.sinpo

Komentar: