Jalur Puncak 2 Bogor Masuk Proyek Strategis Nasional

Laporan: Sinpo
Rabu, 05 April 2023 | 05:58 WIB
Penerapan satu arah di Puncak, Bogor/ NTMC
Penerapan satu arah di Puncak, Bogor/ NTMC

SinPo.id -  Jalur puncak 2 Bogor yang menghubungkan Sentul dengan Cianjur akhirnya masuk dalam  Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalur sepanjang 62,8 kilometer itu dimulai dari kawasan Sentul-Babakan Madang-Hambalang-Sukamakmur Kabupaten Bogor – Pacet-Cipanas Kabupaten Cianjur. Jalan Puncak 2 menghubungkan Desa Warga Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor dengan Desa Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur.

“Alhamdulillah, akhirnya dengan perjuangan kita bersama. Jalan Puncak 2 masuk dalam PSN seperti yang diutarakan sebelumnya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,” kata Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Mulyadi seperti dilansir laman gerindra.id pada Selasa 4 April 2023. 

Mulyadi selama ini jadi satu-satunya wakil rakyat yang paling vokal menyuarakan soal pentingnya penanganan kemacetan di kawasan Puncak. Salah satu usulannya adalah meningkatkan kualitas jalan dari Sentul melewati Sukamakmur menuju ke Cianjur alias jalur Puncak 2.

Mulyadi meyakini pembangunan Jalur Puncak 2 akan memberi multiplier effect. Selain mengurangi kemacetan kawasan1 Puncak, jalur ini akan banyak memberi keuntungan sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Selain itu, langkah ini juga demi pemerataan pembangunan, menggerakkan roda ekonomi masyarakat di wiayah timur Kabupaten Bogor yang hidup dari sektor pertanian, wisata dan ekonomi kreatif. Dibalik gemerlapnya Kawasan Puncak, masih banyak masyarakat Sukamakmur dan sekitarnya yang hidupnya tertinggal dibanding saudaranya di kecamatan lain,”  pungkasnya.sinpo

Komentar: