PUASA RAMADAN

Jaga Tubuh Tetap Bugar, Berikut Tips Olahraga saat Puasa

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 02 April 2023 | 15:57 WIB
Ilustrasi yoga (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi yoga (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Olahraga disaat puasa memang terasa sulit dilakukan, tetapi untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, ada beberapa cara untuk tetap berolahraga supaya tidak terasa berat. Tentunya dengan asupan yang cukup bagi tubuh sebagai sumber energi selama berolahraga.

Selain itu, penting juga memilih jenis olahraga yang ringan dan berintensitas rendah. Dan menghindari olahraga fisik yang berat, seperti plyometrics, kecepatan, dan kelincahan, agar tidak terasa cepat lelah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis olahraga yang bisa dipilih saat berpuasa:

1. Jalan Santai

Jalan santai merupakan sebagai olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena jalan santai juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran jantung, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, memperkuat tulang, dan menstabilkan kondisi tubuh.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan menjelang buka puasa. Bersepeda juga merupakan olahraga mengasyikkan yang dapat menurunkan risiko depresi. Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan kekuatan otot, sistem imun tubuh, hingga dapat mencegah risiko darah tinggi.

3. Yoga

Yoga juga merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan saat puasa, karena memiliki tingkat intensitas yang rendah. Selain untuk meningkatkan fokus, dan latihan pernafasan, yoga juga dapat mengatasi stres, depresi, hingga gangguan cemas.

4. Pilates

Olahraga pilates juga memiliki banyak manfaat dan ringan dilakukan saat puasa. Pasalnya, dengan olahraga pilates tubuh menjadi rileks dan bahagia, lebih berenergi, dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Meski demikian, olahraga juga harus dilakukan di waktu yang tepat. Sekitar setengah jam sebelum sahur dan sebelum berbuka puasa. Namun harus tetap mengkonsumsi air yang banyak agar tubuh tidak terhidrasi, dan tetap beraktivitas seperti biasa saat pagi hari.sinpo

Komentar: