Komisi V DPR Tinjau Persiapan Mudik di Salatiga

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 31 Maret 2023 | 17:22 WIB
Novita Wijayanti/DPR
Novita Wijayanti/DPR

SinPo.id -  Komisi V DPR RI menggelar kunjungan spesifik dalam rangka meninjau persiapan arus mudik libur Lebaran 2023, di Salatiga, Jawa Tengah. Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana bagi para pemudik.

Terlebih, kota Salatiga berada di jalan nasional yang menghubungkan kabupaten Semarang dengan kota Surakarta.

"Kunjungan Komisi V DPR RI ini untuk memastikan kesiapan sejumlah daerah dalam menghadapi arus mudik tahun ini, dari persiapan angkutan hingga sarana prasarana," kata Novita kepada awak media, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

Legislator Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah, ini meminta pemerintah mengoptimalkan kelayakan infrastruktur jalan tol maupun jalan nasional yang akan digunakan. Di antaranya memastikan tidak adanya jalan yang berlubang.

Bahkan, jalur-jalur yang dilalui arus mudik lebaran nantinya harus ditunjang dengan sarana pendukung untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan.

"Seperti ketersedian rest area, posko kesehatan, pom bensin dan listrik, juga kesiapan lampu jalan dan pengaman jalan lainnya," kata dia.

"Oleh karenanya, pemerintah harus mengoptimalkan persiapkan infrastruktur jalan tol maupun jalan nasional di Jawa Tengah dalam memberikan kenyamanan para pemudik," ujar legislator dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Selain itu, Novita meminta agar pemerintah dan pihak terkait lainnya mempersiapkan kelayakan dan kesiapan stasiun, terminal, bandara, pelabuhan.

"Termasuk, ketersediaan moda transportasinya," tegas dia.
sinpo

Komentar: