KEK LIDO BOGOR

Resmikan KEK Lido di Bogor, Jokowi: Manfaat Infrastruktur Tampak Nyata

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 31 Maret 2023 | 12:52 WIB
Presiden Jokowi saat resmikan KEK Lido Bogor (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Jokowi saat resmikan KEK Lido Bogor (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido Kabupaten Bogor, Jawa Barat, milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo selaku Chairman MNC Group.

Proyek yang dibangun di atas lahan seluas 1.040 hektare itu terdapat beragam pilihan wisata, seperti theme park, movie land, water park, techno park, hingga kawasan ekonomi.

"Setelah muter-muter di KEK Lido ini saya betul-betul sangat senang. Karena apa? Infrastruktur yang kita bangun baik itu airport, baik itu pelabuhan, baik itu jalan tol, sekarang satu per satu sudah kelihatan manfaatnya dan dimanfaatkan oleh sektor swasta," kata Jokowi dalam keterangannya, dikutip YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat 31 Maret 2023.

Jokowi memaparkan, dengan pemanfaatan insfrastruktur itu membuat jarak Lido dapat ditempuh sekitar satu jam dari Ibu Kota Jakarta. Sehingga, keberadaan KEK Lido, disebut sangat strategis.

Untuk itu, Jokowi berharap pembukaan KEK Lido tersebut akan berdampak pada masyarakat untuk lebih memilih berwisata di dalam negeri.

"Semuanya komplit jadi kita harapkan ke depan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan ke luar negeri daripada di negerinya sendiri," ujarnya.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, saat ini jumlah masyarakat yang liburan ke luar negeri mencapai 11 juta orang. Dengan begitu, jika pemerintah bisa memotong separuhnya, maka devisa akan masuk ke dalam negeri.

"Hal seperti ini lah yang diharapkan oleh pemerintah agar pembangunan infrastruktur yang telah kita kerjakan itu betul-betul secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta," tandasnya.sinpo

Komentar: