MUDIK LEBARAN 2023

Pemerintah Minta Pemudik Manfaatkan Fasilitas Mudik Gratis

Laporan: Sinpo
Jumat, 31 Maret 2023 | 02:07 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran/ SinPo.id
Ilustrasi mudik Lebaran/ SinPo.id

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin meminta pemudik memanfaatkan fasilitas mudik gratis. Menurut dia, program mudik gratis adalah langkah antisipasi pemerintah terhadap kemungkinan lonjakan jumlah pemudik.

“Sekarang ini kan banyak dilakukan mudik gratis ya, ini dilakukan oleh pemerintah juga, pemerintah daerah oleh berbagai komunitas. Jadi ada mudik gratis, bus-bus yang disediakan untuk mereka yang mudik,” kata dia

Pernyataan itu disampaikan usai acara Kuliah Umum dan Peluncuran Buku “K. H. Ma’ruf Amin: Bapak Ekonomi Syariah Indonesia” di UIN Ar-Raniry, Jalan Syeikh Abdul Rauf, Darussalam, Banda Aceh, Kamis 30 Maret 2023. 

Selain program mudik gratis, kata dia, pemerintah telah melakukan persiapan seperti ketersediaan bahan makanan dan minuman. Selain itu, 
wapres memastikan kesiapan jalanan, moda transportasi, dan pengamanan telah dipersiapkan pemerintah bersama para pemangku kepentingan.

“Sudah menyiapkan di jalan-jalan, angkutan, semuanya itu sudah dipersiapkan, jadi semua jalur-jalur udara, darat laut, itu sudah disiapkan oleh pemerintah, termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian itu sudah. Termasuk juga antisipasi juga yang mudik menggunakan motor yang memang banyak yang kecelakaan ya,”  ujarnya.

Mudik Lebaran 2023 ini dapat lebih terkendali usai melandainya kasus Covid-19, setelah di tahun sebelumnya masih diberlakukan pembatasan kegiatan di masyarakat.
Untuk itu, memberikan imbauan kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan pelaksanaan mudik dengan baik, khususnya bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda motor pribadi.
Dia mengharapkan agar jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pribadi tidak terlalu banyak, mengingat rawan terjadinya kecelakaan.

“Kita imbau supaya dia betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor. Sebab itu berbahaya ya. Kalau bisa pemerintah meminta jangan [mudik] pakai motor. 
Mudah-mudahan tahun ini kalau tidak ada, bagus, kalau [ada] yang [menggunakan motor], semoga jumlahnya tidak banyak,” ujarnya.

Turut mendampingi Wapres saat memberikan keterangan pers, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mujiburrahman, Plt. Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi. sinpo

Komentar: