Sektor Ekonomi Digital Dinilai Mampu Jadi Pemantik Pemulihan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 Maret 2023 | 18:08 WIB
Ilustrasi/Getty Images
Ilustrasi/Getty Images

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menilai bahwa sektor ekonomi digital mampu menjadi salah satu pemantik percepatan pemulihan serta peningkatan daya tahan ekonomi.

Karena nilai ekonomi digital, diprediksi dapat mencapai USD 1 triliun pada tahun 2030. 

Di Indonesia sendiri ekonomi digital kian mengalami perkembangan yang pesat, salah satunya didorong dengan kontribusi Start-up sebagai bagian dari ekosistem digital.

Bahkan Indonesia berada di peringkat ke-6 dengan jumlah start-up terbanyak, yakni mencapai 2.506 unit dengan sembilan Unicorn dan dua Decacorn.

“Start-up berperan penting dalam penciptaan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan, dan berkontribusi pada ekonomi berkelanjutan melalui solusi inovasi yang ditawarkannya,” kata Airlangga, dikutip Kamis 30 Maret 2023.

Namun untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif, diperlukan dukungan dari seluruh pihak mulai dari Pemerintah, industri, asosiasi, akademisi hingga masyarakat umum.

Dukungan akan diberikan Pemerintah berupa regulasi yang mendukung pertumbuhan industri digital, pengembangan infrastruktur teknologi, dan pelatihan bagi tenaga kerja di bidang digital.

Selain itu, kata Airlangga, sektor industri juga dapat memberikan dukungan dengan berinovasi dan berkolaborasi untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk, serta jasa digital Indonesia.

"Di sisi lain, masyarakat juga dapat berkontribusi dengan terus belajar dan meningkatkan literasi digital untuk dapat memanfaatkan teknologi digital secara optimal dan menjaga diri dari potensi risiko yang ada," ungkapnya.sinpo

Komentar: