Selamatkan Sepak Bola Nasional, DPR Dukung Diplomasi Erick Thohir ke FIFA

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 29 Maret 2023 | 14:49 WIB
Bramantyo Suwondo/SinPo.id
Bramantyo Suwondo/SinPo.id

SinPo.id -  Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo menilai nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 bergantung pada diplomasi Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat bertemu dengan FIFA. Apalagi, Erick menjadi utusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu FIFA.

Erick dijadwalkan bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, hari ini. Menteri BUMN itu diharap bisa mencari solusi polemik penolakan timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Bramantyo mendukung upaya Erick dan stakeholder lainnya dalam mencari titik terang. Sekaligus meyakinkan FIFA bahwa Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Bahwa saya mendorong segala macam stakeholders persepakbolaan indonesia seperti Ketum PSSI untuk bisa mencari titik tengah atas isu ini, dengan salah satu caranya meyakinkan FIFA kembali agar posisi tuan rumah tetap di Indonesia dan memperkuat kredibilitas Indonesia sebagai tuan rumah yang bisa dipercaya," kata Bramantyo kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 29 Maret 2023.

Menurut dia, langkah Erick bertemu FIFA ini akan berdampak besar bagi Indonesia ke depan. Terutama, soal kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah event-event olahraga bertaraf dunia, salah satunya adalah menjadi tuan rumah Piala Dunia senior ke depan.

"Terutama pada pemilihan tuan rumah pada event olahraga besar lainnya seperti Piala Dunia senior nantinya," ucapnya.

Politikus Partai Demokrat itu meminta masyarakat Indonesia yang menolak tim Israel datang ke Indonesia bisa memisahkan masalah politik yang terjadi antara Israel dan Palestina dengan ranah olahraga. Ini penting agar nama bangsa ini tidak tercoreng di mata dunia.

"Seharusnya ranah politik dan ranah olahraga bisa dipisah sehingga kelancaran kegiatan piala dunia U-20 dapat terselenggarakan dengan lancar dan sesuai harapan," kata dia. 

"Pembatalan drawing undian Piala Dunia U-20 amat disayangkan harus terjadi. Indonesia seharusnya memisahkan ranah politik dengan ranah dunia olahraga," timpal dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan sudah mendapat perintah dari Presiden Jokowi untuk bertemu FIFA agar mencari jalan terbaik demi menyelamatkan sepan bola Indonesia ke depan.

“Saya sudah mendapat instruksi perintah dari bapak presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi untuk mencari solusi untuk sepak bola Indonesia,” kata Erick Thohir seperti dikutip dari media sosial Instagram pribadinya @erickthohir.

Mantan Presiden Inter Milan ini mengakui permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini bukanlah masalah kecil, namun dirinya memastikan akan berusaha semaksimal mungkin demi menyelamatkan sepak bola Indonesia ke depan.

“Tentu seperti yang saya sudah sampaikan ini hal yang tidak mudah, saya akan berusaha semaksimal mungkin. Untuk itu mohon doa kepada kami semua yang memang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” kata dia.

Erick Thohir pun meminta seluruh masyarakat Indonesia agar mendoakan pengurus PSSI demi menyelamatkan harga diri bangsa. Termasuk, menyelamatkan sepak bola Indonesia.
sinpo

Komentar: