Tornado Dahsyat Hantam Mississippi, 23 Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 26 Maret 2023 | 04:41 WIB
Penampakan lokasi bencana tornado di Mississippi/SinPo.id/AP
Penampakan lokasi bencana tornado di Mississippi/SinPo.id/AP

SinPo.id -  Tornado dahsyat melanda sejumlah kota kecil di wilayah Mississippi, Amerika Serikat pada Sabtu, 25 Maret 2023 waktu setempat.

Peristiwa itu menyebabkan kehancuran, dan menewaskan sedikitnya 23 orang, serta membuat puluhan orang lainnya terluka.

Namun jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat, seiring proses evakuasi yang dilakukan para petugaa dari  renruntuhan bangunan pasca badai.

Adapun kota yang dilanda tornado di Mississippi yakni kota Rolling Fork dan Silver City.

"Kota saya hilang, tapi kami tangguh dan kami akan kembali dengan kuat. Sejumlah keluarga terkena dampaknya, rumah mereka hancur, mereka tidak memiliki tempat tinggal, anak-anak kelaparan pagi ini, tidak ada pakaian," kata Walikota Rolling Fork, Eldridge Walker, dilansir dari The Guardian, Minggu 26 Maret 2023.

Sejumlah video tentang badai dahyat itu tersebar di media sosial yang memperlihatkab seluruh lingkungan perumahan rata dengan puing-puing, mobil-mobil tersebar secara acak, dan pohon-pohon tumbang di sepanjang jalan.

Rolling Fork sendiri memiliki populasi sekitar 2 ribu orang, dengan sekitar 20 persen penduduk hidup di bawah garis kemiskinan dan 21persen tinggal di mobil karavan. Hal tersebut tentu membuat mereka sangat rentan terhadap cuaca ekstrem.

Selain itu, badai hebat juga melanda beberapa wilayah di Tennessee dan Alabama menyebabkan sekitar 60 ribu orang di wilayah itu terpaksa hidup tanpa listrik sementara waktu.

Sedangkan di daerah Morgan, Alabama, kantor kepolisian setempat melaporkan seorang pria tewas setelah rumah trailernya terbalik saat badai. Laporan itu membuat total korban tewas akibat cuaca ekstrem menjadi 24 orang.
sinpo

Komentar: