MUDIK LEBARAN 2023

Jamin Keamanan Angkutan Mudik, Dishub DKI Beri Layanan Uji KIR Keliling

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 24 Maret 2023 | 21:52 WIB
Ilustrasi bus (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi bus (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meluncurkan layanan uji kir keliling dalam rangka menyambut mudik Lebaran 2023 di sejumlah terminal angkutan kota antar provinsi (AKAP) di Jakarta. 

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, layanan uji kir keliling ini ditujukan untuk memastikan kendaraan yang akan mengangkut pemudik memenuhi unsur keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

"Apabila masa berlaku Uji KIR habis, pemilik kendaraan akan diarahkan petugas untuk mengurus perpanjangan Uji KIR melalui Layanan Uji KIR Keliling di lokasi terminal pemberangkatan," kata Syafrin dalam keterangannya yang diterima Jumat 24 Maret 2023.

Syafrin menuturkan, untuk mengikuti layanan uji kir keliling, pemilik kendaraan dapat mendaftarkan kendaraannya secara online dan melakukan pembayaran dengan metode cashless sebelum kendaraan diizinkan kembali beroperasi.

Selain itu, dalam uji berkala keliling akan diperiksa sembilan sistem komponen uji dengan dukungan peralatan secara mobile yang sudah terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI secara komputerisasi.

Dengan sistem tersebut, lanjut Syafrin, pemilik kendaraan dapat menerima hasil uji berupa bukti lulus uji elektronik (Smartcard) di tempat pengujian secara langsung. 

"Ramp Check ini dilakukan oleh petugas Dishub DKI Jakarta untuk memastikan pengujian persyaratan teknis dan laik jalan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti pada UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," papar Syafrin.

Adapun terminal yang terdapat layanan Uji KIR Keliling, yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Tanjung Priok, Terminal Kalideres, dan Terminal Lebak Bulus.

"Kemudian seluruh terminal yang akan melayani mudik gratis 2023 menggunakan bantuan Bus Pariwisata dari Pemprov DKI Jakarta," pungkasnya.

 sinpo

Komentar: