KRITIK BEM KE DPR

Legislator PAN Nilai Kritik BEM Terhadap Puan Tak Elok

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 23 Maret 2023 | 18:32 WIB
Legislator PAN Guspardi Gaus (SinPo.id/ Parlementaria)
Legislator PAN Guspardi Gaus (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus menilai kritik BEM Universitas Indonesia terhadap Parlemen tidak elok. Apalagi, kritik itu dibarengi emosi dengan membuat meme Ketua DPR RI Puan Maharani berbadan tikus.

"Sebetulnya tentu kurang elok secara umum. Melakukan kritikan itu silakan, karena kita adalah negara demokrasi, tetapi terkendali, tidak perlu emosi dan sebagainya. Harus dilakukan secara elok, secara santun, tidak berlebihan," kata Guspardi kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 23 Maret 2023.

Guspardi mengamini jika masyarakat bebas menyampaikan kritik di media sosial. Namun, warga diingatkan agar kritik disampaikan dengan bijak.

"Jadi kalau disikapi secara serius, tentu banyak orang yang melakukan hal yang sama tidak hanya ke Mbak Puan tetapi juga kepada Pak Presiden dan sebagainya," ujar anggota Baleg DPR RI ini.

Menurut dia, apa yang dilakukan BEM UI itu bisa diperkarakan oleh pihak terkait. Dia kembali mengingatkan agar mahasiswa dapat mengendalikan emosi.

"Kepada orang yang tidak setuju kebijakan pemerintah dan DPR silakan untuk melakukan kritikan, ini dijamin undang-undang, tetapi dalam menyuarakan tentu harus dikendalikan emosi itu, mana yang boleh dan tidak boleh menurut UU," kata Guspardi.

Politikus PAN ini menyarankan anggota dewan dan pemerintah agar tak tersinggung dengan unggahan tersebut. Dia berharap kritik ini bisa dijadikan evaluasi agar Parlemen lebih baik lagi.

"(Untuk) pemerintah apakah Presiden, Menkeu, Bupati, Wali Kota dan DPR tentu juga tidak perlu merespons secara berlebihan, tidak perlu juga. Kita terima saja dengan lapang dada, kalau ini dianggap sebagai sesuatu yang melanggar dan sebagainya, ini tidak hanya 1,2 orang, ribuan melakukan hal yang sama," kata dia.

 sinpo

Komentar: