ANAK MUDA KREATIF

Minta Anak Muda Lebih Kreatif, Jokowi: Jangan Semua Ingin Jadi PNS

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Maret 2023 | 12:37 WIB
Presiden Jokowi saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura (SinPo.id/ YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura (SinPo.id/ YouTube Sekretariat Presiden)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut anak muda harus bisa memanfaatkan bonus demografi di tahun 2035 mendatang untuk memperoleh berbagai peluang pekerjaan.

Untuk itu, Jokowi meminta anak-anak muda tidak hanya berpikir untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Sebab ada banyak bidang yang bisa digeluti untuk memperoleh pekerjaan.

"Kita tahu bahwa negara kita Indonesia akan mengalami bonus demografi. Di tahun kurang lebih nanti 2035. Sebagian besar penduduk indonesia berusia produktif. Sehingga ini memerlukan wadah, memerlukan kesempatan kerja, memerlukan peluang kerja, dan jangan berpikir kita ini semua pengin jadi PNS," kata Jokowi saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Papua, dilansir YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 21 Maret 2023.

Jokowi memaparkan, di Papua saat ini terdapat 60 persen lebih penduduknya akan berusia muda pada 2035 nanti. Karenanya, ia berharap anak muda Papua bisa menekuni pekerjaan di berbagai bidang.

Mantan Wali Kota Solo itu mengapresiasi  sudah mulai banyak anak muda Papua menekuni pekerjaan di berbagai bidang, antara lain fashion, musik, fotografi hingga menekuni platform aplikasi.

"Artinya peluang-peluang itu diisi anak muda kita. Ada peternakan, ada perikanan," ujar Jokowi.

"Bahkan ada tadi kita lihat Maria (anak muda Papua) tadi yang ternak ayam. Sudah memiliki 2.000 (ekor) ayam lebih, 2.000 ayam lebih. Diternakkan oleh Maria," tandasnya.sinpo

Komentar: