LSP: Ada Pergeseran Dukungan Pemilih Jokowi dari Ganjar ke Prabowo

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 19 Maret 2023 | 22:28 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Ganjar Pranowo/Tim Media
Kebersamaan Prabowo dan Ganjar Pranowo/Tim Media

SinPo.id -  Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil survei terkait elektabilitas paslon di Pilpres 2024.

Dalam pemaparannya, Direktur eksekutif LSP, membeberkan adanya pergeseran dukungan antar pemilih paslon seiring mendekatnya waktu pemilu.

Indra menjelaskan pergeseran pendukung Jokowi sebelumnya mengarah ke Ganjar Pranowo kemudian seiring waktu mereka justru mendukung Prabowo Subianto.

"Bergesernya dukungan organ relawan Jokowi yang mendukung Ganjar ke Prabowo dan terakhir semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat dibasis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo," kata Indra dalam konferensi persnya yang disiarkan secara daring, Minggu, 19 Maret 2023.

Indra tak memungkiri jika elektabilitas Prabowo berpotensi terus meningkat, mengingat proses pemilu masih berjalan.

Hal ini dilihat dari potensi arah suara jika Pemilu 2024 berlangsung nanti. Yakni suara pendukung Ganjar adalah para pemilih Jokowi di 2019. Sementara pendukung Anies adalah para pendukung Prabowo di pilpres yang sama.

"Bahwa elektabilitas Prabowo berpotensi besar untuk terus meningkat karena berhasil menyatukan pemilih ganjar dan pemilih Anies yang notabene adalah pemilih Jokowi dan Prabowo di 2014 dan 2019," papar Indra.

Jika di dalam simulasi berpasangan yang mempertandingkan 3 pasangan calon,  Indra menyebut bahwa pasangan Prabowo-Ganjar merupakan pasangan Capres-Cawapres terkuat.

Bahkan kata dia, pasangan Prabowo-Ganjar dinilai dapat keluar sebagai pemenang hanya dalam satu putaran saja karena pasangan calon ini mendapatkan keterpilihan 52,8 persen publik bila pemilu dilaksanakan hari ini.

"Pasangan ini merupakan pasangan paling ideal demi persatuan bangsa," ucap Indra.

Sementara untuk simulasi lain seperti Prabowo-erick, Prabowo-Khofifah masih di bawah 50 persen sehingga berpotensi 2 putaran. Sedangkan paslon Prabowo-Puan bahkan tidak lolos dalam putaran ke-2 pilpres.

"Temuan survei ini merupakan temuan saat survei dilaksanakan atau sementara. Masih cukup waktu bagi masing-masing parpol dan capres untuk meningkatkan elektabilitas demi keluar menjadi pemenang pada kontestasi pemilu 2024 mendatang," pungkasnya.

Survei LSP dilakukan pada tanggal 1-10 Maret 2023 dengan 1230 responden dan margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden tersebar secara proporsional di 38 Provinsi dengan kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun keatas atau telah memiliki KTP.

Teknik sampel survei ini menggunakan multi-stage random sampling. Sementara pengumpulan data melalui wawancara tatap muka. sinpo

Komentar: