Prabowo Makin Intens Dampingi Jokowi Kunker, Pengamat: Sinyal Dukungan Capres Makin Kuat

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 17 Maret 2023 | 19:41 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto/Tim Media
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto nampak semakin intens mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo.

Kali ini, Prabowo mendampingi Jokowi menghadiri acara Istighosah dan Doa Bersama Rabithat Melayu Banjar di Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat, 17 Maret 2023.

Prabowo bahkan duduk berdampingan dengan Jokowi saat acara berlangsung di panggung. Prabowo mengenakan kemeja putih beserta kopiah dan celana hitam.

Sedangkan, Jokowi mengenakan pakaian senada dengan Prabowo yakni, kemeja putih. Hanya saja, kemeja putih Jokowi dibalut dengan sebuah jas berwarna biru tua yang dipadupadan dengan sarung hijau. Jokowi juga mengenakan kopiah berwarna senada yakni hitam seperti yang Prabowo kenakan.

Pengamat Politik Ujang Komarudin melihat hal ini bukan merupakan sebuah kebetulan.

“Itu bukan sebuah kebetulan kalau Pak Jokowi selalu mengajak Prabowo. Jangan jangan, Jokowi memang serius dan arah-arahnya bisa saja mendukung Prabowo.” kata Ujang.

Kemesraan Prabowo dan Jokowi yang sedang terjadi dan terlihat sangat harmonis juga dinilai Ujang sebagai suatu momen yang positif.

Prabowo sebagai Calon Presiden tentu juga membutuhkan dukungan tidak hanya dari Presiden RI Joko Widodo melainkan juga dari berbagai pihak diantaranya Stakeholder dan Elit Partai Politik.

“Apalagi, ketika Pilpres 2024 Jokowi masih menjadi presiden yang punya petunjuk, punya kekuatan jaringan, punya segalanya, jokowi bisa mendukung siapapun. Jadi, kalau jokowi mendukung prabowo suatu kelebihan tersendiri bagi prabowo. Kalau jokowi endorse prabowo, dan betul-betul dukung prabowo, prabowo bisa sebagai capres unggulan dan berpotensi bisa menang,” tambah Ujang.

Istana mengatakan Prabowo hadir sebagai tamu yang diundang oleh panitia penyelenggara.

“Pak Prabowo diundang oleh Panitia ke acara tadi. Bahkan, kasih sambutan sebelum Presiden hadir.” Kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Meskipun hadir sebagai tamu undangan, Prabowo diminta untuk menyampaikan kata sambutan sebelum Jokowi hadir di lokasi acara tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya, keakraban keduanya juga sempat menjadi buah bibir lantaran Prabowo mendampingi Kunjungan Kerja Jokowi meninjau panen raya di Kebumen, Jawa Tengah saat dua pekan lalu dan juga turut didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hal ini disinyalir sebagai sinyal-sinyal kuat dan banyak yang menganalisa jika Jokowi tengah mencoba menjodohkan Prabowo dengan Ganjar sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kebetulan Pak Prabowo mau ke Magelang, saya ajak bareng. Karena pertemuan Pak Prabowo nya siang, udah kita ke sawah dulu, ke panen raya. Ada saya, ada Pak Ganjar, ada Pak Prabowo, sudah.” kata Jokowi usai meresmikan TPST Kasiman Kertalangu di Bali, Senin, 13 Maret 2023.sinpo

Komentar: