Xi Jinping Dijadwalkan Bertemu Vladimir Putin Pekan Depan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 17 Maret 2023 | 19:12 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping (Getty Images)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping (Getty Images)

SinPo.id - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menyampaikan, Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan resmi ke Rusia minggu depan.

"Atas undangan Presiden Vladimir Putin dari Federasi Rusia, Presiden Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia dari 20 hingga 22 Maret," ungkap Hua Chunying dalam Twitter seperti dikutip dari Anadolu, Jumat, 17 Maret 2023.

Dia mengungkapkan bahwa ini akan menjadi kunjungan untuk persahabatan dan perdamaian.

"Atas dasar tanpa aliansi, tanpa konfrontasi, dan tanpa penargetan pihak ketiga mana pun, China dan Rusia telah mempromosikan demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional," tambah dia.

Dalam sebuah pernyataan, Kremlin mengatakan, "Selama kunjungan, isu-isu pengembangan lebih lanjut dalam hubungan kemitraan yang komprehensif dan kerja sama strategis antara Rusia dan China akan dibahas."

Kedua pemimpin juga akan membahas perluasan kerja sama Rusia-China di kancah internasional. Sejumlah dokumen bilateral penting sedang disiapkan untuk ditandatangani di sela-sela pertemuan tersebut, menurut Kremlinsinpo

Komentar: