Runtuhnya Silicon Valley Bank Harus Jadi Pelajaran bagi Perbankan Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Maret 2023 | 21:33 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad/ SinPo.id/ Galuh
Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad/ SinPo.id/ Galuh

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad, mengatakan runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB), harus menjadi pelajaran yang berharga bagi perbankan Indonesia yang menempatkan investasi di berbagai instrumen.

Namun, belum diketahui secara pasti apakah ada dampak secara langsung yang dirasakan industri keuangan Indonesia terkait dengan kegagalan dua bank besar Amerika Serikat (AS) tersebut.

"Kalau dampak secara langsung kita belum dapat update dari Otoritas Jasa Keuangan, apakah ada industri keuangan kita yang terkait dengan SVB langsung atau tidak. Kalau ada pasti ada dampaknya, tapi kalau tidak maka kita tentu tidak memiliki dampak secara langsung," kata Kamrussamad, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis 16 Maret 2023.

Meski demikian, ia menekankan agar peristiwa tersebut dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempersiapkan diri, atau memitigasi segala kemungkinan yang dapat terjadi di industri keuangan.

"Ya misalnya kesiapan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam menjamin, kemudian Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) harus betul-betul juga meng-update perkembangan terkini. Ini harus diantisipasi segala kemungkinan," paparnya.

Oleh karena itu, Kamrussamad menegaskan pentingnya waspada terhadap dampak dari kegagalan dua bank besar di AS dengan merumuskan mitigasi tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi akibat kesalahan investasi di instrumen keuangan.
 

 sinpo

Komentar: