Formula E 2024 Mau Digelar di Sudirman, Legislator: Kalau Pakai APBD Kami Tolak

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 Maret 2023 | 11:06 WIB
Formula E/FEO
Formula E/FEO

SinPo.id - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengaku tidak mempersalahkan jika pagelaran Formula E Jakarta 2024 akan digelar di Jalan Sudirman dan Medan Merdeka Selatan bukan lagi di Sircuit Ancol.

Hanya saja, legialator Fraksi PAN itu akan tegas menolak jika perubahan konsep balapan menggunakan street circuit apabila menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta.

"Kalau saya pribadi Fraksi PAN kalau di dua lokasi yang kemarin budget non APBD oke saja, tapi kalau budget APBD kami tolak," kata Zita di Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.

Zita memaparkan, rencana perpindahan lokasi balapan Formula E tersebut pasti sudah didiskusikan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Maka dari itu, Zita menilai keputusan tersebut tentunya sudah direncanakan dengan berbagai pertimbangan.

"Pak Pj (Heru) kan pasti berkomunikasi dengan Pak Presiden. Kalau ranah itu kita serahkan ke Pak Pj. Tapi kalau dari DPRD DKI Jakarta, kalau anggarannya itu dari APBD, kita tidak support," ujarnya.

Sebagai informasi, Ketua Steering Committee (SC) Formula E 2023 Bambang Soesatyo berencana mengubah konsep gelaran balapan mobil listrik Formula E yang semula di sircuit Ancol berpindah ke jalan raya.

Bamsoet mengaku rencananya itu telah dibicarakan dengan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"2024 kita kemungkinan besar tadi kita sudah bicara dengan Alberto dan gubernur, kita tidak lagi di Sirkuit Ancol, tetapi kita street sirkuit dalam kota," kata Bamsoet di Balai Kota Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Keinginan ini diungkapkan Bamsoet lantaran penyelenggaraan Formula E di negara-negara lain dilakukan di jalan raya dalam kota. Menurutnya, perubahan konsep tersebut dirasa akan lebih menarik jika dihelat di jalan raya.

"Lokasi pastinya akan diumumkan di waktu yang tepat. Pasti bukan di dalam kawasan Monas, kemungkinan besar bisa di sekitar kawasan Jalan Jenderal Sudirman," ucapnya.
sinpo

Komentar: