Monumen Bagi Anak-Anak yang Tak Lahir Karena Aborsi Akan Hadir di Arkansas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Maret 2023 | 10:22 WIB
Arkansas Gate Capitol/Wikimedia
Arkansas Gate Capitol/Wikimedia

SinPo.id -  Sebuah monumen untuk anak-anak yang belum lahir atau tidak lahir karena aborsi mungkin akan segera hadir di Gedung Kongres negara bagian Arkansas.

Negara bagian Arkansas yang didominasi Partai Republik menyetujui undang-undang yang akan menghasilkan dana untuk membangun monumen yang sesuai di halaman Capitol negara bagian untuk memperingati anak-anak yang diaborsi selama era Roe v. Wade.

RUU tersebut sekarang menuju ke Gubernur Republik Sarah Huckabee Sanders, mantan sekretaris pers anti-aborsi untuk mantan Presiden Donald Trump.

“Itu (aborsi) adalah bencana di negara ini, dan kita lupa betapa berharganya nyawa manusia,” kata sponsor RUU tersebut, Republikan Rep. Mary Bentley, menurut afiliasi NPR setempat.

Seperti diketahui, hampir semua aborsi saat ini dilarang di Arkansas, tidak terkecuali pemerkosaan atau inses. Dalam studi nasional tentang kesejahteraan anak, Arkansas juga menempati posisi ke-43 dari 50 negara bagian.

Data tersebut dikeluarkan oleh Annie E. Casey Foundation, yang meneliti indikator seperti berat lahir, kesehatan mental anak, serta jumlah anak yang hidup dalam kemiskinan.

Monumen akan dibangun dengan sumbangan pribadi, sementara desainnya akan diawasi oleh Komisi Seni dan Lapangan Capitol, dengan beberapa masukan dari kelompok anti-aborsi lokal. 



sinpo

Komentar: