Jelang Ramadan 1444 H, Wapres Maruf Amin: Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Laporan: Sinpo
Kamis, 16 Maret 2023 | 04:51 WIB
Ilustrasi Masjid/pixabay
Ilustrasi Masjid/pixabay

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama menjalankan puasa agar ibadah yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan khusyuk.

“Tidak ada batasan saya kira, tapi hati-hati,” tuturnya.

Pernyataan itu disampaikan dalam keterangan persnya usai menghadiri acara Wisuda ke-9 Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Jalan KH. Abd. Wahab Hasbullah, Jombang, Rabu 15 Maret 2023. 

Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah/ 2023 menjadi tahun pertama umat muslim di Indonesia akan menjalankan ibadah puasa setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19. 

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, sebagai bentuk kehati-hatian, salah satu langkah nyata yang dapat dilakukan adalah dengan tetap menggunakan masker apabila merasa diri kurang sehat.

“Tapi memang yang harus memakai masker itu yang sakit sehingga tidak menular,” imbuh Wapres.

Namun, Wapres menyadari, bahwa penerapan ini akan sepenuhnya kembali ke kesadaran masing-masing individu untuk saling menjaga. Untuk itu, ia mengimbau agar penerapan protokol kesehatan, salah satunya kesadaran penggunaan masker, dapat diinisiasi oleh setiap individu sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada sesama.

“Tapi dikhawatirkan masih belum patuh, nah lebih baik kita menjaga diri saja bersiap-siap. Jadi sekarang di balik ya, tetapi karena takutnya yang flu pakai masker, yang sehat akhirnya yang terpaksa pakai masker juga,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Rektor Institut Agama Islam Bani Fattah Abdul Holik. sinpo

Komentar: