Kemendagri: Pemerintah Tak Pernah Berpikir Tunda Pemilu 2024

Laporan: Sinpo
Selasa, 14 Maret 2023 | 22:29 WIB
Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Bahtiar/Kemendagri
Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Bahtiar/Kemendagri

SinPo.id - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Polpum Kemendagri) Bahtiar mengatakan bahwa pemerintah tidak pernah berpikir untuk menunda pelaksanaan Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Bahtiar dalam Seminar Nasional Dies Natalis Ke-67 Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bertajuk "Kesiapan Penyelenggara Pemilu Serentak 2024 dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas, Demokratis, Jujur, Adil, dan Bermartabat".

"Secara institusi, pemerintah, posisi pemerintah, tidak pernah berpikir, bahkan men-drafting sekali pun untuk menunda pemilu," ujar Bahtiar seperti dikutip Antara pada Selasa, 14 Maret 2023.

Sebagai Dirjen Polpum Kemendagri yang mengikuti rapat di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), ia bilang, pembahasan dalam kegiatan tersebut tidak pernah menyinggung pikiran untuk menunda Pemilu 2024.

"Saya dari pemerintah, Kemendagri, dan Dirjen Politik anak buahnya Mendagri (Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian) yang juga rapat di Kemenkopolhukam setiap waktu, sampai hari ini, tidak ada tuh pikiran-pikiran tunda pemilu," ujar dia.

Secara pribadi pun, Bahtiar mengaku tidak pernah berpikiran untuk menunda pelaksanaan Pemilu 2024. 

Bahkan, ia memastikan akan melawan para pihak yang berkeinginan untuk menunda pesta demokrasi tersebut.

"Saya pastikan akan kami lawan, saya sebagai dirjen, siapa pun yang coba-coba melawan konstitusi," kata dia.

Selain itu, Bahtiar berjanji tidak akan membiarkan pelaksanaan Pemilu 2024 ditunda selama dirinya masih menjabat Dirjen Polpum Kemendagri.

"Yang saya janjikan kepada kawan-kawan, selama Bahtiar masih Dirjen Polpum, maka tidak akan pernah ada penundaan pemilu," ujarnya.

Bahtiar berpesan kepada alumni IPDN yang menghadiri seminar untuk melakukan hal yang serupa.

"Jadi, kita harus menghentikan pikiran-pikiran kotor terhadap jalannya sistem tata negara kita. Dia mau diskusi-diskusi, silakan saja, tapi hukumnya kan kita yang bikin sebagai pembentuk undang-undang dengan DPR RI. Kita pastikan itu tidak akan pernah terjadi (penundaan pemilu)," tegasnya.sinpo

Komentar: