Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Menpora

Laporan: Sinpo
Selasa, 14 Maret 2023 | 02:33 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan TPST Kesiman Kertalangu, di Denpasar, Bali pada Senin 13 Maret 2023/BPMI Setpres
Presiden Jokowi saat meresmikan TPST Kesiman Kertalangu, di Denpasar, Bali pada Senin 13 Maret 2023/BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt Menpora).

Langkah itu dilakukan usai Jokowi menyetujui pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora.

“Menpora tadi pagi sudah bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan ke Setneg dan tadi saya sudah menyetujui,” ujar Jokowi seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) pada Senin, 13 Maret 2023.

Terkait pengganti Amali, Jokowi menyampaikan akan segera mengambil keputusan.

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di-Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK,” katanya.

Sebelumnya,  Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya dalam posisi menunggu Jokowi mengumumkan nama Amali yang telah mengundurkan diri dari jabatan Menpora.

"Kami menunggu saja," kata Airlangga seperti dikutip Antara pada Senin, 13 Maret 2023.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan partainya menyodorkan tiga nama kadernya untuk diusulkan menjadi Menpora menggantikan Amali.

“Kira-kira Pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar) menyetor tiga nama. Mungkin tiga dipilih Presiden mau yang mana,” kata Lodewijk.

Namun, dia enggan menyebutkan tiga nama kader Golkar yang disampaikan kepada Jokowi. Dia menjelaskan, Golkar masih menunggu Jokowi mengumumkan nama Menpora yang ditunjuk menggantikan Amali saat ini.sinpo

Komentar: