Soal Pengganti Zainudin Amali di Kursi Menpora, Golkar Tunggu Pengumuman Jokowi

Laporan: Sinpo
Senin, 13 Maret 2023 | 23:48 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ashar/SinPo.id
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ashar/SinPo.id

SinPo.id - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya dalam posisi menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali yang telah mengundurkan diri.

"Kami menunggu saja," kata Airlangga seperti dikutip Antara pada Senin, 13 Maret 2023.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan partainya menyodorkan tiga nama kadernya untuk diusulkan menjadi Menpora menggantikan Amali.

“Kira-kira Pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar) menyetor tiga nama. Mungkin tiga dipilih Presiden mau yang mana,” kata Lodewijk.

Namun, dia enggan menyebutkan tiga nama kader Golkar yang disampaikan kepada Jokowi. Dia menjelaskan, Golkar masih menunggu Jokowi mengumumkan nama Menpora yang ditunjuk menggantikan Amali saat ini.

Hal itu menurut dia karena saat ini isu perombakan kabinet atau “reshuffle” semakin ramai sehingga apakah pergantian Menpora bersamaan dengan pergantian menteri yang lain.

"Apakah yang diganti (‘reshuffle’) hanya satu saja (Menpora) atau masih menunggu yang lain. Kami belum tahu tergantung beliau (Presiden Jokowi) karena itu hak prerogatif Presiden,” ujarnya.

Amali menyatakan sudah tidak lagi menjabat sebagai Menpora setelah surat pengunduran dirinya resmi diterima Jokowi.

"Senin ketemu Pak Jokowi, pagi hari ini saya sudah ketemu beliau. Beliau menyampaikan sudah menerima surat, diizinkan untuk mundur dari Menpora," kata Zainudin Amali saat mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Senin, 13 Maret 2023.sinpo

Komentar: