Aktris Hollywood Terlibat Kampanye Anti Penjualan Daging Anjing di Jakarta

Laporan: Sinpo
Senin, 13 Maret 2023 | 10:45 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Aktris Hollywood Kim Basinger, komedian Ricky Gervais dan aktor Inggris Peter Egan bergabung dengan para pelaku kampanye dari koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) merayakan kabar Jakarta telah mengeluarkan larangan perdagangan daging anjing dan kucing.  Sedangkan Pemprov DKI Jakarta menyatakan sedang persiapan memasukkan anjing sebagai larangan dalam Peraturan Daerah (Perda) Tekait Pangan.

“Para selebriti ini mengirimkan pesan berupa video setelah adanya konfirmasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian bahwa Jakarta menjadi wilayah ke 21 di Indonesia yang resmi melarang perdagangan ini,” kata Karin Franken, dari Jakarta Animal Aid Network Founder, and National Coordinator Dog Meat Free Indonesia Coalition, dalam pernyataan resmi, Senin 13 Maret 2023.

Karin mengatakan, langkah tersebut merupakan tanggapan atas kampanye intensif oleh DMFI yang mengungkap kekejaman terhadap hewan dan resiko terhadap Kesehatan manusia dari penyakit zoonosis seperti rabies.

Di Indonesia, lebih dari 1 juta anjing dan kucing yang tak terhitung jumlahnya dibunuh per tahunnya untuk daging mereka, kebanyakan dari hewan ini berasal dari hewan curian, hewan yang diambil dari jalanan dan dengan ilegal diperjualbelikan melalui perjalanan panjang yang melelahkan untuk memenuhi permintaan lokasi hotspot lokasi yang paling banyak peminat untuk konsumsi daging anjing.

“Banyak dari anjing - anjing ini meninggal dalam perjalanan akibat kepanasan, dehidrasi, atau cedera saat mereka ditangkap dan diangkut,” kata Karin menambahkan

Menurut Karin, hewan yang masih bertahan akan dibawa ke rumah jagal yang dibuat asal-asalan dimana mereka akan dipukuli dan dibunuh di hadapan sesama mereka. Investigasi  dog oleh tim Dog Meat Free Indonesia (DMFI) menunjukkan di Jakarta ada sekitar 9,520 anjing per bulan atau sekitar 340 anjing per hari dijagal untuk dagingnya dengan lebih dari 95 persen anjing-anjing ini dibawa dari wilayah provinsi Jawa Barat yang masih menjadi endemik  rabies.

“Daging anjing dapat ditemukan dijual di beberapa pasar di Jakarta, seperti Pasar Senen, Pasar Cijantung dan penyuplai juga menjual ke resto lokal di Jakarta,” kata  Karin menjelaskan.

Direktur kampanye untuk program End Dog Meat dari Humane Society International, Lola Webber, mengatakan larangan perdagangan daging anjing dan kucing di Jakarta sangat signifikan, tidak hanya karena ribuan hewan yang dibunuh untuk diperdagangkan, tapi juga Jakarta memahami perdagangan yang kejam ini beresiko menyebarkan penyakit rabies.

“Status Provinsi DKI Jakarta sebagai Provinsi yang bebas rabies juga dapat tercemar karena perdagangan ini setiap hari masih terus mengangkut anjing dengan status penyakit yang tidak diketahui ke dalam kota,” kata  Lola

Ia berharap pemerintah Indonesia akan mengambil Langkah berikutnya untuk melarang perdagangan kejam ini untuk selamanya sehingga tidak ada lagi anjing atau kucing yang perlu mengalami kekejaman seperti ini di masa depan.sinpo

Komentar: