Tutup Posko Pengungsian Korban Kebakaran Plumpang, PMI Jakut: Mereka Tak Diusir

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 12 Maret 2023 | 10:52 WIB
Posko pengungsian korban kebakaran depo Pertamina Plumpang (PPID DKI)
Posko pengungsian korban kebakaran depo Pertamina Plumpang (PPID DKI)

SinPo.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara secara resmi menutup posko pengungsian yang disediakan bagi warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal mengatakan, posko pengungsian ditutup mengingat sudah tidak ada lagi warga korban kebakaran yang mengungsi.

"Sudah seminggu berlalu sejak peristiwa kebakaran terjadi, posko pengungsian di PMI Jakarta Utara kini kosong," kata Rijal dalam keterangannya yang diterima Minggu, 12 Maret 2023.

Rijal mengungkapkan, para pengungsi saat ini sudah berpindah ke tempat kontrakan yang lebih layak. Adapun pembiayaannya ditanggung oleh PT Pertamina.

"Mereka tidak diusir, namun sudah disediakan kontrakan yang dibiayai PT Pertamina," ujarnya.

Menurutnya, kontrakan yang dihuni ada yang dicari sendiri ataupun dikoordinir oleh pihak RT. Pihak PMI juga membantu proses perpindahan para pengungsi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

"Kami dari PMI membantu pada saat pindah pertamanya. Kita mengantarkan dan menyiapkan barang-barang kebutuhan untuk beradaptasi di tempat yang baru itu," terangnya.

Adapun barang kebutuhan yang dipersiapkan misalnya sapu dan tempat tidur. Selain itu, dikirimkan juga kebutuhan logistik atau sembako.

 sinpo

Komentar: