Fadli Zon Sampaikan Sejumlah Isu Strategis di Sidang IPU Bahrain

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 12 Maret 2023 | 00:46 WIB
Fadli Zon mewakili Indonesia di Sidang IPU Bahrain/Tim Media
Fadli Zon mewakili Indonesia di Sidang IPU Bahrain/Tim Media

SinPo.id -  Delegasi DPR RI dipimpin Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Fadli Zon menghadiri hari pertama 146th Inter Parliementary Union (IPU) di Manama, Bahrain.

Tema IPU tahun ini adalah ‘Promoting peaceful coexistence and inclusive societies: Fighting intolerance’.

Di sela sela sidang, Fadli Zon menyampaikan sejumlah isu strategis dalam forum Parlemen dunia tersebut.

“Parlemen kita dengan tegas berkeinginan untuk mengajukan rancangan resolusi yang berjudul ‘Memerangi Islamofobia, Melawan Intoleransi, Menghilangkan Diskriminasi Rasial, dan Mempromosikan Koeksistensi Damai Antar Umat dan Agama sebagai item darurat Sidang Umum IPU ke-146,” kata Fadli Zon di Bahrain International Circuit, Sabtu, 11 Maret 2023.

Fadli menerangkan, ada beberapa alasan mengapa draf tersebut penting.
Pertama, laporan baru-baru ini oleh Pelapor Khusus PBB tentang kebebasan beragama atau berkeyakinan yang menyimpulkan bahwa kecurigaan, diskriminasi, dan kebencian langsung terhadap Muslim telah meningkat menjadi 'proporsi epidemik'.

Kedua, menurut Laporan Islamofobia Eropa 2021, Islamofobia adalah 'masalah yang mendesak' di seluruh benua seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Ketiga, keprihatinan mendalam atas terulangnya pembakaran Al-Qur'an yang kemungkinan memicu ledakan kemarahan dari hampir dua miliar populasi Muslim global, membuat stabilitas dan keamanan global dipertaruhkan.

Keempat, kristalisasi kontribusi vital IPU untuk pembelaan dan pemajuan hak asasi manusia.

“Yang bersifat universal dalam lingkup dan penghormatan yang merupakan faktor penting dari demokrasi parlementer dan pembangunan, sebagaimana diabadikan dalam undang-undangnya,” pungkas Fadli.

Hadir dalam sidang IPU Bahrain, Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana, Mardani Ali Sera, Hafisz Tohir. Anggota BKSAP Putri Komarudin dan Ratih Megasari Singkaru serta Duta Besar RI untuk Bahrain Ardi Hermawan.sinpo

Komentar: