Stadion Piala Dunia U-20 Terancam Dicoret FIFA, DPR Minta PSSI Bergerak

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 11 Maret 2023 | 11:34 WIB
Stadion Gelora Bung Karno (Instagram)
Stadion Gelora Bung Karno (Instagram)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo meminta PSSI bergerak cepat merespons kemungkinan dicoretnya sejumlah stadion di Tanah Air oleh FIFA menjelang Piala Dunia U-20. PSSI diharap memenuhi kebutuhan perhelatan internasional itu dengan baik.

"Melihat pentingnya event ini, selaku anggota Komisi X saya meminta PSSI untuk bertindak cepat dalam menghadapi kemungkinan dicoretnya beberapa stadion yang akan digunakan dalam piala dunia U-20 oleh FIFA," kata Bramantyo kepada SinPo.id, Jakarta, Sabtu, 11 Maret 2023.

Menurut dia, ada banyak upaya agar stadion-stadion yang terancam dicoret oleh FIFA bisa dibatalkan. Salah satunya, dengan mengaudit dan menyesuaikan segala aspek termasuk operasional.

"Kemudian, safety dan security pada stadion-stadion yang akan digunakan tersebut sesuai dengan standar FIFA," ucapnya.

Dia mengingatkan kesuksesan penyenggaraan Piala Dunia U-20 akan menjadi tolok ukur dunia terhadap pesepakbolaan Indonesia. Apalagi, Indonesia tengah membenahi sepak bola Tanah Air menjadi lebih baik.

"Oleh karena itu, pencoretan beberapa stadion tentu akan merugikan," kata dia.

Selain dari sisi sepak bola, kata dia, keberhasilan penyelenggaraan ajang sepak bola internasional ini juga bakal mengingkatkan perekonomian nasional. Khususnya, pada daerah yang menjadi lokasi pertandingan.

Sebelumnya, FIFA berpotensi mencoret stadion yang jadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. PSSI pun bakal bergerak cepat menghindari kemungkinan tersebut.

 sinpo

Komentar: