Sambut Mudik Lebaran 2023, PLN Operasikan 616 SPKLU dan 70 SPBKLU

Laporan: Sinpo
Sabtu, 11 Maret 2023 | 03:37 WIB
Mobil listrik. Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta
Mobil listrik. Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta

SinPo.id -  Sebanyak 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan 70 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) disiapkan di jalur tol maupun titik fasilitas publik di seluruh Indonesia. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"Kami akan perbanyak SPKLU lagi dan khusus untuk SPBKLU kita akan kebut hingga 1.000 unit agar masyarakat pengendara motor listrik bisa mudik dengan tenang," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Jumat 10 Maret 2023. 

Dia menyarankan para pemudik motor listrik bisa memanfaatkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Bagi motor listrik bisa melakukan pengisian daya melalui SPLU dengan waktu isi empat jam.

Untuk SPKLU, kata Darmawan sudah tersedia di jalur tol trans jawa dan trans sumatera yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil listrik. Rest Area sepanjang Jakarta - Cirebon, Semarang - Solo hingga Surabaya - Banyuwangi sudah tersedia ratusan SPKLU.

"Kami sudah lakukan pemetaan hingga kedepannya pemudik bisa lewat tol bisa juga lewat non tol. Kita akan kebut. Kami bekerjasama dengan banyak pihak untuk bisa segera memperbanyak charging station ini," tambah Darmawan.sinpo

Komentar: