Tim Psikososial Pusat Psikologi TNI Bekerja Selama 24 Jam di Plumpang

Laporan: Jihan Nabila
Jumat, 10 Maret 2023 | 23:40 WIB
Tim Psikososia
Tim Psikososia

SinPo.id -  TNI menerjunkan tim psikolog untuk membantu mengatasi trauma yang dialami oleh para penyintas kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat 3 Maret 2023.

Pusat Psikologi TNI mengirimkan Tim Psikososial untuk mendirikan Posko Layanan Psikologi. Posko Layanan Psikologi standby 24 jam di PMI Jakarta Utara untuk membantu para penyintas di tenda-tenda pengungsian.

"Tim psikososial dipimpin Mayor Ckm (K) Devita, M.Psi., Psikolog, beserta tim bertugas melaksanakan trauma healing," ujar Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil dalam keterangannya pada Jumat 10 Maret 2023.

Menurut dia, tim psikososial membantu mereduksi beban psikologis yang dialami para penyintas.

"Agar mencapai kesejahteraan psikis yang lebih baik setelah mengalami trauma pasca bencana kebakaran," kata dia.

Adapun Intervensi psikologis yang dilakukan bukan hanya pada anak-anak para korban kebakaran, melainkan juga diberikan kepada orang dewasa maupun para relawan dengan melakukan interaksi atau komunikasi sosial dan konseling secara individu maupun kelompok.

"Tim Psikososial rencana akan bertugas sampai dengan Para Penyintas sudah mendapatkan tempat tinggal yang layak huni," tambahnya.

Untuk diketahui, insiden kebakaran terjadi di
Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara pada Jumat 3 Maret 2023 sekitar pukul 19.30 WIB.

Insiden itu menyebabkan banyak penyintas yang kehilangan tempat tinggal. Kejadian itu mengakibatkan, mereka sementara harus tinggal di tenda-tenda pengungsian dan posko yang disediakan oleh pemerintah.

Selain itu, para penyintas mengalami duka mendalam akibat kehilangan orang-orang yang dicintai dan harta benda yang mereka miliki.
sinpo

Komentar: