Anies Berikan IMB ke Warga Sekitar Depo Plumpang, Prasetyo: Apa yang Dikhawatirkan Ahok Terjadi

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 07 Maret 2023 | 21:48 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi (Twitter)
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi (Twitter)

SinPo.id - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mempersoalkan penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) era Anies Baswedan di Tanah Merah, sekitar Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Pasalnya, kawasan tersebut merupakan lahan milik PT Pertamina dan tidak seharusnya dibangun pemukiman untuk ditempati warga.

"Ya masalahnya di situ (Anies terbitkan IMB warga Tanah Merah)," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Selasa 7 Maret 2023.

Politisi Partai PDI Perjuangan itu menyebut sudah seharusnya warga yang berdomisili di lokasi zona bahaya depo Pertamina Plumpang itu dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

"Ya harusnya kan apa namanya memang itu kan tempat yang seharusnya (tidak ditempati) oleh masyarakat," ujarnya.

Menurutnya pada 2016, saat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI sudah mewanti-wanti agar penduduk Tanah Merah segera pindah.

Sebab, lahan tersebut seharusnya menjadi zona aman (buffer zone) Depo Pertamina Plumpang.

"Apa yang diwanti-wanti Pak Ahok itu kejadian sekarang," terangnya.

Selain itu, ia meminta agar Pemerintah DKI dan Pemerintah Pusat untuk memberikan solusi bagi kedua belah pihak, yaitu masyarakat dan Pertamina yang memiliki depo Plumpang tersebut.

"Yang jelas pemerintah harus ada di situ, ada kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Itu aja," tandasnya.sinpo

Komentar: