Kunjungan Surya Paloh ke Hambalang, Bukti Prabowo Capres yang Diperhitungkan Lawan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 07 Maret 2023 | 20:00 WIB
Pertemuan antara Prabowo dengan Surya Paloh (SinPo.id/ Ashar)
Pertemuan antara Prabowo dengan Surya Paloh (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 5 Maret 2023.

Menanggapi hal tersebut, peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan, pertemuan keduanya menarik dicermati. Terlebih baik Gerindra, maupun NasDem memiliki pilihan berbeda di Pilpres 2024.

Kehadiran Surya Paloh ke Hambalang jadi bukti jika Prabowo merupakan sosok capres yang diperhitungkan, baik dari koalisi maupun partai yang berbeda koalisi.

"Kunjungan itu menunjukkan betapa Prabowo Subianto merupakan figur bakal capres sangat disegani, dan diperhitungkan oleh Partai NasDem meski mereka telah memiliki koalisi dan bakal capres sendiri," kata Bawono dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Maret 2023.

Menurut Bawono, pertemuan kedua tokoh tersebut juga bukan sekadar pertemuan dari kedua orang ketua umum partai politik tetapi pertemuan dari orang negarawan. Kedua tokoh membuktikan jika telah dewasa dalam berpolitik.

"Meskipun memiliki jalan pilihan politik berbeda dalam pemilu 2024 mendatang tapi tetap menjalin komunikasi politik dan silaturahim alih-alih mengedepankan rivalitas," katanya.

Sebelumnya, kunjungan Paloh ke Hambalang merupakan balasan yang dilakukan oleh Surya kepada Prabowo uang sebelumnya telah mengunjunginya pada Juni lalu.

Surya dalam pertemuan itu sempat menyatakan dukungan kepada Prabowo. Ia mengatakan bahwa Nasdem memiliki semangat kebersamaan dalam konteks persahabatan dengan Gerindra.

"Secara batin saya sudah katakan, hubungan kami ini hubungan persahabatan. Sekarang Mas Prabowo, Capres dari posisi Gerindra. Apa yang bisa dilakukan Nasdem? Satu, bersikaplah untuk betul-betul mampu memberikan spirit, semangat bagi Mas Prabowo sebagai satu sumbangsih persahabatan,” kata dia

“Menang kalah itu nanti urusan kedua," lanjutnya.sinpo

Komentar: