Pasca Kebakaran, TBBM Plumpang Akan Dipindah ke Lahan PT Pelindo

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Maret 2023 | 05:42 WIB
Ledakan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang (Azhar/SInpo)
Ledakan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang (Azhar/SInpo)

SinPo.id -  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan pemerintah memutuskan akan memindahkan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang ke lahan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). Upaya itu dilakukan pasca kebakaran di TBBM Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat 3 Maret 2023 malam.

"Ini akan menjadi proyek percontohan pertama, sebelum kita terapkan di kilang-kilang lain," ujarnya

Pernyataan tersebut disampaikan  saat memimpin rapat khusus tindak lanjut penanganan pasca insiden kebakaran di TBBM Plumpang yang berlangsung, Senin 6 Maret 2023. 

Erick menekankan tindakan yang akan dilakukan terhadap TBBM Plumpang diharapkan akan menjadi percontohan bagi fasilitas vital nasional, termasuk TBBM lain, dan kilang-kilang Pertamina di tempat lain.

"Bahkan termasuk juga pabrik pupuk dan smelter," ujarnya.

Rencananya, pembangunan TBBM pengganti Depo Plumpang rencananya akan dibangun di lahan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dimulai akhir 2024. Pembangunan itu menunggu kesiapan lahan.

"Kami juga sudah merapatkan bahwa kilang (TBBM) akan kita pindah ke tanah Pelindo kita sudah koordinasi dengan Pelindo lahannnya akan siap dibangun akhir 2024," tuturnya.sinpo

Komentar: