600 Orang Mengungsi Terdampak Insiden di Depo Pertamina Plumpang

Laporan: Sinpo
Sabtu, 04 Maret 2023 | 02:30 WIB
PMI Kota Jakarta Utara (Andi Muhammad Rezaldy/Sinpo)
PMI Kota Jakarta Utara (Andi Muhammad Rezaldy/Sinpo)

SinPo.id -  Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan sekitar 600 orang mengungsi pasca insiden kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero). Mereka ditempatkan di lima posko evakuasi. 

"Korban pengungsi kurang lebih 600 (orang,-red). Ada di 5 lokasi, kantor walikota, RPTRA, GOR, dan tentunya kantor kecamatan dan kantor PMI," ujarnya saat ditemui di  Koramil 01 Koja, Jakarta Utara, Sabtu 4 Maret 2023 dini hari.

Untuk korban luka, kata dia, telah disiapkan sejumlah rumah sakit. Menurut dia, evakuasi korban melibatkan jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. 

Dia mengucapkan duka cita atas timbulnya korban jiwa akibat peristiwa ini. "Kita turut berduka cita atas ada beberapa korban jiwa akibat dari musibah kebakaran di Plumpang," tambahnya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan penyebab kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero) masih diinvestigasi. Selama proses investigasi itu, Pertamina menggandeng pihak berwajib 

"Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi dan berkoordinasi dengan pihak berwenang," ujarnya pada Jumat 3 Maret 2023.

Berdasarkan informasi yang diterima, kata dia, insiden kebakaran terjadi di Integrated Terminal Jakarta, Plumpang pada pukul 20.20 WIB. Pipa penerima BBM terbakar dan memicu kobaran api.

"Saat ini Pertamina fokus pada penanganan kebakaran dan melakukan evakuasi terhadap pekerja maupun warga di sekitar lokasi, ke area yang lebih aman. Pertamina terus berupaya maksimal menanggulangi kejadian ini di lapangan agar tidak meluas," ujarnya.

Sebanyak 54 kepala keluarga mengungsi akibat ledakan di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat 3 Maret 2023 malam. Para pengungsi tersebar di sejumlah titik.

Berdasarkan pemantauan di PMI Kota Jakarta Utara, para pengungsi itu terdiri dari 50 orang dewasa, 28 anak-anak, empat orang lanjut usia (lansia), dan 11 balita.

Mereka tersebar di sejumlah tempat pengungsian, di antaranya di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kelurahan Tugu Selatan, Stadion Rawa Badak, dan RPTRA. 

Para pengungsi itu membutuhkan sejumlah bantuan, yaitu popok bayi, selimut, makanan balita, dan obat-obatan 

Untuk diketahui, sebanyak 17 orang menjadi korban tewas, terdiri dari 15 dewasa dan dua anak-anak, akibat insiden ledakan di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat 3 Maret 2023 sekitar pukul 20.00 WIB. Ini berdasarkan data hingga Jumat pukul 23.30 WIB. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga dibawa ke Rumah Sakit Tugu, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Polri Kramat Jati 

Selain korban tewas, ada juga korban yang mengalami luka-luka. Jumlahnya hingga kini tercatat ada 49 orang. Korban luka-luka ini telah dievakuasi ke RS Pelabuhan, RS Tugu, RS Muliasari dan RS Koja.

Sementara itu, delapan orang di antaranya menghilang. 

Petugas Pemadam Kebakaran berhasil memadamkan api di sekitar lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat 3 Maret 2023 sekitar pukul 22.37 WIB.  Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, Satriadi Gunawan, mengatakan situasi di lapangan sudah terkendali

"Api sudah padam, proses pendinginan, sudah kita bisa kuasai. Sudah kondusif wilayah TKP. Jam 12 (malam) kita sudah nyatakan proses pendinginan, dua-duanya, di Depo Plumpang dan permukiman warga. Aman terkendali," ujarnya.

Kini, kata dia, petugas Damkar masih terus melakukan pendinginan. Hal itu guna memastikan api benar-benar sudah mati dan tidak menyala lagi.

"Kita masih terus lakukan upaya pendinginan memastikan potensi timbulnya api lagi. Menyiram bara api," tambahnya.

Untuk diketahui,  insiden kebakaran terjadi di arena Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang pada Jumat 3 Maret 2023 sekitar pukul 20.20 WIB. Sumber kebakaran berasal dari pipa receiver atau pipa penerima BBMsinpo

Komentar: